Banyak orang yang hamil sungsang pergi ke tukang urut. Bolehkah ini dilakukan? Simak penjelasan dari dr. Sarah Picadela, SpOG. (Foto: Unsplash.com)
Banyak orang yang hamil sungsang pergi ke tukang urut. Bolehkah ini dilakukan? Simak penjelasan dari dr. Sarah Picadela, SpOG. (Foto: Unsplash.com)

Posisi Bayi Sungsang, Bolehkah Diurut?

Rona kehamilan posisi bayi sungsang
Kumara Anggita • 09 Desember 2019 19:34
Jakarta: Tak semua bayi lahir normal. Beberapa di antaranya lahir sungsang. Untuk mengatasi ini, beberapa orang datang ke tukang urut dengan harapan bayinya lahir dalam keadaan normal.
 
Namun apakah ini adalah tindakan yang tepat? Menurut dr. Sarah Picadela, SpOG, “Kehamilam sungsang adalah posisi di mana yang normal adalah kepala sebagai penunjuk jalan lahir tetapi sungsang bisa bokong atau kaki bayi,” ujarnya pada Medcom.id.
 
“Untuk mengetahui posisi sungsang bisa dilihat melalui USG,” lanjutnya. Ada berbagai faktor yang menyebabkan posisi sungsang  antara lain:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Sering hamil
2. Bayi kembar
3. Sebelumnya pernah mengalami kelahiran prematur
4. Cairan ketuban terlalu banyak
5. Pernah mengalami plasenta previa
6. Bentuk rahim tidak normal
 
Posisi Bayi Sungsang, Bolehkah Diurut?
(Sebaiknya Anda mendapatkan informasi dari dokter sebelum melakukan berbagai tindakan saat hamil dengan bayi posisi sungsang. Foto: Unsplash.com)
 
Banyak orang yang hamil sungsang pergi ke tukang urut. Ini adalah tindakan yang tidak tepat untuk dilakukan.
 
“Tidak direkomendasikan diurut karena kalau tidak ditangani oleh profesional, tali plasenta putus, pendarahan, kelahiran prematur, menyebabkan trauma pada bayi atau ibu, dan lain-lain. Dan buruknya lagi, bisa menyebabkan kematian pada ibu dan anak,” ujarnya.
 
Hal yang bisa ibu hamil lakukan adalah dengan menggerakkan beberapa bagian tubuh dan tentunya berkonsultasi dengan dokter.
 
“Tindakan penanganan bisa dengan jalan kaki, gerakan lutut dan dada. Langkah selanjutnya adalah konsultasikan dengan spesialis untuk mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan,” paparnya.
 
Jadi, pastikan ketika sungsang terjadi pada ibu hamil, jangan langsung ke tukang urut untuk menghindari risiko buruk terjadi.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif