Beredar kabar susu kedelai atau soya bisa bikin anak laki-laki jadi berlaku feminin. Benarkah? Ini keterangan ahli soal soya. (Foto: Pexels.com)
Beredar kabar susu kedelai atau soya bisa bikin anak laki-laki jadi berlaku feminin. Benarkah? Ini keterangan ahli soal soya. (Foto: Pexels.com)

Apakah Susu Kedelai Bikin Laki-laki Jadi Lebih Feminin?

Rona kesehatan anak perkembangan anak
Kumara Anggita • 29 Juni 2020 17:43
Jakarta: Tidak semua anak bisa minum susu sapi karena beberapa dari mereka memiliki alergi terhadap protein susu sapi (whey dan kasein). Oleh karena itu, anak-anak ini perlu untuk mendapatkan asupan alternatif.
 
Salah satu alternatif yang bisa diambil adalah susu formula kedelai. Menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA (k), M.Kes, susu kedelai ini bagus untuk mereka yang memiliki gejala alergi ringan-sedang.
 
Kendati demikian, tak semua orang berani untuk memberikan susu kedelai pada anaknya, khususnya untuk anak laki-laki. Ini karena tersebar anggapan bahwa susu kedelai bisa buat anak laki-laki berlaku feminin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prof. Budi membantah anggapan ini. Menurutnya susu kedelai buat laki-laki jadi feminin adalah sebuah mitos semata.
 
“Ini adalah mitos yang ada di masyarakat. Kalau laki-laki minum susu formula jadi lebih feminin. Ternyata dari hasil penelitian-penelitian dan sudah dirangkum ternyata efek feminim itu tidak ada,” ungkapnya dalam Webinar dengan tema Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju: Tanggap Alergi di Masa Pandemi untuk Generasi Maju.
 
“Karena formula kedelai ini, sudah merupakan isolat dari protein kedelai. Yang kita takutkan itu pada waktu zaman dahulu, susu soya itu lansung dari sari kedelai sehingga banyak bahan-bahan lain yang masuk. Tetapi sekarang tidak. Jadi tidak ada efek samping menjadi feminin,” lanjutnya.
 
Jadi, Anda sebagai orang tua tak perlu khawatir lagi saat memberikan susu kedelai ini pada anak laki-laki. Manfaatnya tetap menguntungkan bagi mereka yang memiliki alergi pada susu sapi.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif