Berikut adalah panduan saat membersihkan kamar mandi. Mana yang dapat digunakan kembali atau segera dibuang. (Foto: Pexels.com)
Berikut adalah panduan saat membersihkan kamar mandi. Mana yang dapat digunakan kembali atau segera dibuang. (Foto: Pexels.com)

Benda-Benda di Kamar Mandi yang Perlu segera Dibuang

Rona kesehatan
Anda Nurlaila • 11 Juni 2019 12:52
Beberapa alat di kamar mandi perlu dibuang secara berkala, misalnya pisau cukur setelah maksimal lima kali pemakaian. Atau sikat gigi yang telah lewat dari tiga bulan harus segera diganti. Begitu juga dengan obat pada lemari tempel di dalam kamar mandi. Jangan simpan antibiotik dalam kamar mandi karena kondensasi dapat memengaruhi kualitas antibiotik dengan cepat. Obat resep harus segera dibuang seteah habis tanggal kedaluwarsa.
 

 
Jakarta: Saat membersihkan lemari di kamar mandi, banyak barang-barang yang sudah lama tidak terpakai tetapi sayang untuk dibuang. Alasannya bermacam-macam, belum pernah dipakai atau justru berargumen benda tersebut masih dapat digunakan kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Health memberi panduan saat membersihkan kamar mandi. Mana yang dapat digunakan kembali atau segera dibuang.

1. Loofah atau spon mandi

Spon mandi perlu diganti sebulan sekali karena rentan menjadi tempat jamur tumbuh di antara seratnya. Selain itu, pertumbuhan bakteri dapat menyebabkan infeksi jika terkena kulit yang terbuka.

2. Antibiotik resep

Jangan simpan antibiotik dalam kamar mandi karena kondensasi dapat memengaruhi kualitas antibiotik dengan cepat. Obat resep harus segera dibuang seteah habis tanggal kedaluwarsa. Minum obat yang kadaluarsa selain tidak efektif dapat menyebabkan resistensi.
 

3. Pasta gigi

Pasta gigi yang terasa berbeda dari biasanya seperti terjadi perubahan warna, bau harus segera dibuang. Waktu pakai pasta gigi umumnya 12-18 bulan. Setelah itu fluoride mulai kehilangan kekuatannya, pasta gigi terpisah atau mengkristal, dan rasanya memudar. Agar tetap segar hingga habis, tutup kembali pasta gigi dan simpan di tempat yang tidak terlalu panas atau dingin.

4. Salep antibiotik

Obat salep antibiotik kehilangan efektifitas jauh lebih cepat setelah digunakan. Sebagai aturan umum, salep dan krim penyembuhan luka harus dihabiskan tiga bulan sebelum tanggal kedaluwarsanya.

5. Tampon

Meski kemasan tampon masih terlihat baik, sebaiknya buang tampon setelah satu tahun atau maksimal dua tahun setelah membuka kemasan. Aturan lainnya tidak boleh menyimpan tampon di bawah wastafel karena kebocoran atau uap air dapat menumbuhkan jamur meski masih dalam kemasan.
 
Benda-Benda di Kamar Mandi yang Perlu segera Dibuang
(Loofah atau spon mandi perlu diganti sebulan sekali karena rentan menjadi tempat jamur tumbuh di antara seratnya. Selain itu, pertumbuhan bakteri dapat menyebabkan infeksi jika terkena kulit yang terbuka. Foto: Courtesy of Vermont Bacon Soap)

6. Sabun batang

Sabun yang masih dalam kemasan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Namun aturannya berubah setelah terkena air. Sabun yang menjadi lembek atau berubah warna kemungkinan akibat kontaminasi atau adanya pertumbuhan mikroorganisme. Maka sabun harus segera dibuang. Jika tidak dapat menyebabkan iritasi dan infeksi terutama pada kulit yang terbuka.

7. Sikat gigi

Pemakaian normal selama tiga bulan akan membuat sikat gigi berkurang efektivitasnya dalam menghilangkan plak dari gigi dan gusi. Kuman juga dapat bersembunyi di bulu dan menyebabkan infeksi. Segera buang dan ganti dengan sikat gigi baru.

8. Silet dan alat cukur

Aturan dasarnya adalah pisau cukur berkarat harus segera dibuang. Setelah tiga hingga lima kali pemakaian atau setelah tiga minggu ganti pisau cukur yang Anda gunakan. Selain mulai tumpul, risiko terinfeksi bakteri semakin tinggi.

9. Krim perawatan jerawat

Krim perawatan jerawat umumnya harus segera dibuang 3-6 bulan setelah kemasan dibuka. Krim yang berusia lebih dari itu mulai kehilangan manfaat dari bahan-bahan aktif di dalamnya.

10. Strip pemutih gigi

Strip pemutihan gigi biasanya bertahan satu tahun, dan umur simpan bisa lebih lama di lemari es. Tapi segera buang jika telah melewati masa kadaluwarsa meski tampaknya masih bagus. Sebab khasiat bahan pemutih berkurang.

11. Tabir surya

Jika kemasan tabir surya dilengkapi tanggal kedaluwarsa, segera singkirkan jika telah habis waktu pakainya. Jika tidak tercantum, buang setelah dua tahun setelah pembelian atau membuka kemasan.
 
Di samping itu, perubahan dalam konsistensi merupakan indikator bahwa bahan telah tidak efektif dan saatnya untuk mengganti dengan yang baru. Menggunakan tabir surya yang kedaluwarsa berisiko tinggi membuat kulit terbakar matahari.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif