Kulit wajah pria bisa dibilang lebih tebal dan berminyak dibandingkan dengan kulit wajah wanita (Foto: Dima Valkov/Pexels)
Kulit wajah pria bisa dibilang lebih tebal dan berminyak dibandingkan dengan kulit wajah wanita (Foto: Dima Valkov/Pexels)

Berapa Kali dalam Sehari Pria Membersihkan Kulit Wajah?

Rona kesehatan kulit
A. Firdaus • 18 November 2019 11:37
Jakarta: Perbedaan mendasar antara kulit wajah pria dengan wanita terletak dari ketebalannya. Biasanya, kulit wajah pria lebih tebal dibandingkan dengan wanita.
 
Sehingga kulit Kaum Adam lebih berminyak, dan otomatis sel kulit matinya juga lebih banyak. Jadi untuk pria, mereka butuh upaya lebih ekstra dalam membersihkan kulit wajahnya.
 
"Makanya cirikhas sabun wajah laki-laki lebih berbusa dan biasanya terdapat scrub-nya," ujar Dermatovenereologist, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.K.K kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi lagi-lagi harus diperhatikan juga tipe wajah dari si pria tersebut. Kalau tipenya lebih berminyak, biasanya lebih suka muncul jerawatan, dan lebih mudah berkomedo. Jadi perlu diperhatikan juga dalam menggunakan pembersih.
 
"Cukup yang membersihkan tapi jangan terlalu banyak busanya. Kadang ada yang oil control sampai-sampai wajahnya sampai kering banget, untuk itu gunakan pembersih seperlunya. Jadi yang tidak terlalu banyak atau tidak terlalu tinggi kandungan busanya," lanjut dokter yang biasa dipanggil Dewi ini.
 
Misalnya pria yang bekerja di luar ruangan atau seharian berada di lapangan, biasanya mereka mencuci wajahnya cuma sehari sekali. Yaitu setelah mereka pulang. Ada juga yang mencucinya dalam sehari berulang-ulang, seperti saat wudhu dengan menggunakan pembersih yang berbusa.
 
"Boleh dilakukan (membersih wajahnya) tapi jangan memakai yang terlalu banyak busa, karena membuat kulit wajah kering," sambungnya.
 
Untuk itu, diperhatikan juga membersihkan wajah dengan baik dan teratur. Minimal sehari dua kali. Misalnya saat pagi menggunakan pembersih biasa dan saat pulang usai beraktivitas seharian.
 
"Saat tiba di rumah, membersihkannya bisa menggunakan yang busanya banyak atau yang lebih membersihkan, tapi tidak disarankan yang ada scrub-nya," tandas dr. Dewi.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif