Memang sangat wajar kalau kita panik apalagi tempat tinggal atau tempat kerja kita berdekatan di wilayah krisis. Tapi Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Memang sangat wajar kalau kita panik apalagi tempat tinggal atau tempat kerja kita berdekatan di wilayah krisis. Tapi Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Berada di Dekat Kerusuhan?

Rona tips & trik
Kumara Anggita • 22 Mei 2019 11:40
Menurut Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, wajar jika Anda yang berdekatan dengan lokasi kerusuhan lalu merasakan panik. Walaupun tidak mudah untuk mengatur perasaan itu, tapi cobalah untuk tenang. Salah satu yang bisa Anda lakukan antara lain cari tahu lokasi-lokasi mana yang perlu dihindari dan cari jalan alternatif yang bisa Anda gunakan untuk kembali ke rumah.
 

Jakarta: Saat kerusuhan terjadi, Anda warga biasa akan merasa panik. Perasaan ini sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.
 
Tak dapat diprediksi apa yang terjadi, sampai semua kembali aman, cobalah untuk berpikir jernih dan melakukan antisipasi. Hal ini untuk mengurangi risiko Anda terkena dampak dari kerusuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib wajar jika Anda yang berdekatan dengan lokasi kerusuhan merasakan panik. Walaupun tidak mudah untuk mengatur perasaan itu, tapi cobalah untuk tenang dengan berfokus pada pekerjaan atau tanggung jawab yang perlu Anda lakukan. 
 
“Memang sangat wajar kalau kita panik apalagi tempat tinggal atau tempat kerja kita berdekatan di wilayah krisis.  Penting buat kita agar tidak panik. Kita bisa tetap beraktivitas atau bekerja seperti biasa di dalam ruangan. Fokus ke pekerjaan,” ujarnya pada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Walaupun berita memberikan banyak informasi penting terkait kerusuhan, Anda sebaiknya mengurangi intensitas akses terhadap berita. 
 
Apalagi ketika panik itu mulai menyerang. Kerusuhan yang Anda lihat terus-menerus dapat membuat Anda menjadi semakin cemas dan panik. 
 
“Sebisa mungkin mengurangi paparan terhadap berita-berita yang ada. Karena pada dasarnya kalau kita fokus pada berita, kita akan semakin merasa cemas dan panik dan bertanya-tanya ‘bagaimana jika krisis ini sampai ke tempat ini’ ‘bagaimana jika ada kericuhan hebat di sekitar sini’ bagaimana jika’ dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya,” paparnya.
 
Apa yang Harus Dilakukan Ketika Berada di Dekat Kerusuhan?
(Menurut Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, wajar jika Anda yang berdekatan dengan lokasi kerusuhan lalu merasakan panik. Walaupun tidak mudah untuk mengatur perasaan itu, tapi cobalah untuk tenang. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Jika Anda saat ini sedang bekerja dan lokasi Anda dekat dengan tempat terjadinya krisis lakukan ini:

1. Ikuti arahan yang benar ketika ingin keluar gedung. 
2. Cari tahu lokasi-lokasi mana yang perlu dihindari.
3. Cari jalan alternatif yang bisa Anda gunakan untuk kembali ke rumah.
4. “Jika di tempat kerja tetap ikuti arahan dari gedung atau tempat kerja yang ada supaya bisa tahu tempat jalan keluar yang aman,” ujar Psikolog Yulius Steven lagi.
 
Psikolog Yulius menambahkan bahwa yang paling penting adalah berada di dekat dengan banyak orang atau rekan kerja agar kita Anda bisa merasa aman di mana pun Anda berada.

Selain itu, melansir dari WikiHow Anda sebagai pekerja yang kebetulan berada dekat dengan lokasi krisis bisa melakukan:

1. Jangan terbawa emosi sehingga terlibat dalam kerusuhan itu. 
2. Janganlah memihak, membantu, atau menonjol. 
3. Kalau bisa Anda tidak terlihat dan menjauh dari kerusuhan itu agar bisa kembali selamat ke keluarga Anda.

Jika Anda di dalam mobil, lakukan beberapa hal ini agar terhindari dari massa yang mengamuk:

1. Anda harus tetap berada di dalam mobil dan terus mengemudi setenang mungkin. 
2. Usahakan untuk tetap berada di jalan-jalan yang bersih dari kerusuhan, dan hindari jalan-jalan utama.
3. Terus bergerak maju dan jangan berhenti menilai situasinya. 
4. Jika seseorang mencoba untuk memblokir mobil Anda, membunyikan klakson mobil Anda dan terus mengemudi sampai dia keluar dari jalan. 
5. Berkendara dengan kecepatan sedang sehingga mereka (massa pendemo) punya waktu untuk mundur. 
6. Ingatlah bahwa Anda berada dalam posisi kuat saat mengemudi. Jangan biarkan beberapa orang yang marah menghentikan Anda dari mengendarai mobil dan terus berjalan kecuali Anda benar-benar tidak bisa.
7. Ingatlah untuk bersikap tegas, tapi jangan agresif, untuk menghindari kesan yang salah.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif