Kebanyakan penderita kanker dianjurkan untuk menjalani diet sehat dan seimbang. (Ilustrasi/Pexels)
Kebanyakan penderita kanker dianjurkan untuk menjalani diet sehat dan seimbang. (Ilustrasi/Pexels)

Diet yang Bermanfaat untuk Penderita Kanker

Rona kanker
Kumara Anggita • 09 September 2020 12:03
Jakarta: Orang yang memiliki kanker perlu menjalankan diet yang khusus. Ini karena proses pengobatan kanker bisa membuat tubuh mengalami perubahan drastis. 
 
Dikutip dari Healthline, sumber menunjukkan bahwa malnutrisi dan kehilangan otot adalah hal yang biasa terjadi pada penderita kanker. Ini berdampak negatif pada kesehatan dan kelangsungan hidup.
 
Meskipun tidak ada diet yang terbukti menyembuhkan kanker, nutrisi yang tepat sangat penting untuk melengkapi perawatan kanker, membantu pemulihan, meminimalkan gejala yang tidak menyenangkan, dan meningkatkan kualitas hidup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebanyakan penderita kanker dianjurkan untuk menjalani diet sehat dan seimbang yang mencakup banyak protein tanpa lemak, lemak sehat, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, serta diet yang membatasi gula, kafein, garam, makanan olahan, dan alkohol.
 
Diet yang cukup dalam protein dan kalori berkualitas tinggi juga perlu jadi pertimbangan. Ini dapat membantu mengurangi atrofi otot. Sumber protein yang baik antara lain daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu.
 
Efek samping kanker dan pengobatannya terkadang bisa membuat sulit makan. Ini termasuk mual, perubahan rasa, kehilangan nafsu makan, kesulitan menelan, diare dan sembelit.
 
Halaman Selanjutnya
Jika Anda mengalami salah satu…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif