banner

Bersihkan Enam Area Ini agar Rumah Bebas Debu

Pelangi Karismakristi 13 Februari 2018 15:23 WIB
tips & trik
Bersihkan Enam Area Ini agar Rumah Bebas Debu
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Debu bisa juga berarti serbu kotoran, misalnya dari serat kain, bahan kimia, rambut manusia, dan lainnya. Partikel ini mengendap dan menumpuk di suatu permukaan, dan akan mengganggu kesehatan jika tak dibersihkan.

Agar rumah bebas dari debu, beberapa titik debu ini harus Anda bersihkan, dilansir dari Boldsky.

1. Mencopot karpet


Karpet merupakan gudang utama partikel debu. Bahkan, meskipun Anda sudah menyedot debu setiap hari, tetap harus mencucinya secara rutin.

2. Jaga jendela tertutup

Bila Anda tinggal di rumah yang menghadap ke jalan, penting bagi Anda untuk menjaga jendela tetap tertutup, terutama pada jam sibuk lalu lintas. Sebagai gantinya, buka jendela pada pagi hari atau tengah malam untuk mendapatkan udara segar di dalam rumah.

3. Bersihkan filter AC

Hal ini sama dengan menjaga agar jendela tetap tertutup. Meski udara yang berasal dari AC disaring, tidak akan berproses optimal jika ada penumpukan debu. Oleh karenanya, bersihkan filter AC secara teratur agar kualitas udaranya baik bagi Anda dan keluarga.

4. Membuang sampah

Bila Anda memiliki ruang penyimpanan barang yang sudah tak terpakai, dan sayang untuk dibuang, pikirkan sekali lagi. Adalah sesuatu yang bijaksana bila Anda menyingkirkan sampah di rumah dan di gudang penyimpanan barang bekas, yang merupakan tempat penyimpanan debu.

5. Mengurangi furnitur

Furnitur di rumah terutama yang berbahan seperti linen, satin, bahkan beludru dikenal dapat menarik debu. Usahakan menata kembali rumah dengan barang baru yang terbuat dari kayu dan kulit untuk mengurangi jumlah debu dalam rumah.

6. Batasi memakai alas kaki dari luar

Alas kaki Anda adalah pembawa utama kotoran dan debu dari luar. Usaha kan membatasi penggunanya di luar rumah dengan membuat rak terpisah di luar rumah. Buat juga peraturan bagi tamu untuk menanggalkan alas kaki mereka di luar.





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360