Berikut enam bahan alami untuk rambut sehat berkilau. (Foto: Pexels.com)
Berikut enam bahan alami untuk rambut sehat berkilau. (Foto: Pexels.com)

Bahan Dapur Ini Bisa Memperindah Rambut Anda

Rona
Anda Nurlaila • 25 Maret 2019 14:47
Cuka sari apel, teh, minyak zaitun juga bisa menjadikan rambut Anda indah. Salah satu khasiat minyak zaitun pada rambut adalah meningkatkan kelembapan pada rambut yang kering dan rapuh. Bilasan air teh tanpa gula juga bisa membuat kilau di rambut Anda.
 

 
Jakarta:
Rambut indah dan sehat adalah idaman banyak orang. Sehingga banyak yang rela berjam-jam menghabiskan waktu di salon demi mengatasi masalah rambut seperti rontok, kering hingga rambut kusam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebenarnya ada berbagai bahan alami di dapur untuk memeroleh rambut sehat dan indah. Selain lebih murah, dengan sedikit usaha, Anda dapat membuat bahan perawatan rambut sendiri. Berikut enam bahan alami untuk rambut sehat berkilau seperti dikutip dari RD.

1. Butter

Rambut kering dan rapuh dapat ditangani dengan menggunakan buter. Oleskan butter ke rambut yang kering dan tutup dengan topi mandi selama 30 menit, lalu keramas dan bilas sampai bersih. Hasilnya rambut akan lebih lembut dan bercahaya.

2. Minyak jarak

Untuk rambut sehat dan berkilau, campurkan dua sendok teh minyak jarak dengan satu sendok teh gliserin dan satu putih telur. Pijatkan ke rambut basah, tunggu beberapa menit, dan cuci bersih.
 
(Baca juga: Tidur dengan Rambut Basah Bikin Anda Sakit?)
 
Bahan Dapur Ini Bisa Memperindah Rambut Anda
(Bilasan terakhir teh tanpa gula untuk rambut Anda juga bisa membuat rambut Anda indah berkulai. Foto: Pexels.com)

3. Mayones

Saus mayones bukan hanya pelengkap makanan tetapi juga berfungsi sebagai pelembut rambut. Pijat mayones ke rambut dan kulit kepala, tutup dengan topi mandi. Tunggu beberapa menit lalu keramas seperti biasa. Mayones akan melembapkan rambut dan menjadikannya berkilau.

4. Minyak zaitun

Untuk meningkatkan kelembapan rambut kering dan rapuh, panaskan 1/2 cangkir minyak zaitun lalu oleskan ke rambut. Tutup dengan topi mandi atau plastik lalu bungkus dengan handuk. Biarkan selama 45 menit, lalu keramas dan bilas sampai bersih.
 
Minyak zaitun juga dipakai untuk menghilangkan warna cat rambut. Caranya, rendam kapas yang dibentuk seperti bola ke minyak zaitun dan oleskan ke rambut. Zaitun juga efektif membersihkan sisa-sisa maskara menggunakan kapas kosmetik.

5. Teh

Agar rambut kering dapat berkilau alami, gunakan satu liter air teh hangat tanpa pemanis sebagai pembilas akhir saat keramas.

6. Cuka

Ingin mengembalikan rambut kusam menjadi lebih lembut dan sehat? Anda dapat membuat kondisioner alami dari satu sendok makan cuka sari apel, dua sendok makan minyak zaitun dan tiga putih telur.
 
Oleskan campuran ini ke rambut, lalu tutup selama 30 menit menggunakan bungkus plastik atau topi mandi. Setelah itu keramas dan bilas seperti biasa.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif