Melamun Berlebihan Pertanda Masalah Mental
(Foto: Medical News Today)
Jakarta: Meski tak selalu buruk, melamun bisa menjadi pertanda masalah pada mental. Terutama jika ini cukup menyita banyak waktu Anda.

"Sama seperti kecanduan video game yang bisa berbahaya dan merugikan kesehatan mental seseorang, melamun juga dapat memberikan dampak yang sama," kata Dr Pavan Sonar, konsultan psikiater dan seksolog dari Mumbai seperti dilansir The Health Site. 

Umumnya, orang-orang melakukan kebiasaan melamun untuk mengurangi emosi, trauma, atau hal-hal negatif yang mereka hadapi. Mereka melakukan hal itu sebagai cara untuk mengatasi berbagai tantangan kehidupan. 


Sayangnya, ketika mereka menemukan beberapa kenyamanan di dunia maya mereka justru kembali menderita di dunia nyata.  Ini menyebabkan kurangnya konsentrasi, penghindaran tugas-tugas mendesak yang membutuhkan perhatian (baik di rumah maupun di tempat kerja), menurunkan produktivitas, bermasalah dalam hubungan, dan masih banyak lagi. 

Melamun berlebihan juga bisa menjadi tanda-tanda dari depresi. 

"Jika seseorang memiliki terlalu banyak pikiran positif tetapi tidak dapat mengubahnya menjadi kenyataan, itu dapat menyebabkan depresi atau gangguan suasana hati lainnya, terutama, ketika Anda menyadari bahwa pikiran Anda tidak membawa Anda ke mana pun," pungkas Sonar.

Lihat video:

 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id