Benarkah Orang Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan?

Sri Yanti Nainggolan 27 Mei 2018 10:06 WIB
diet
Benarkah Orang Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan?
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa orang pendek lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan orang yang lebih tinggi.

"Memang benar,wanita yang lebih pendek harus mengonsumsi lebih sedikit kalori untuk menurunkan berat badan daripada teman yang lebih tinggi jika semua faktor lainnya sama," kata Luiza Petre, MD, yang berfokus pada penurunan berat badan, dilansir dari Health.

Mengapa demikian?


"Semakin banyak massa otot yang Anda miliki, semakin cepat metabolisme Anda bekerja. Orang yang lebih tinggi memiliki massa otot lebih banyak karena mereka dilahirkan dengan itu, hanya karena tinggi badan mereka," jelas Shari Portnoy, seorang ahli diet berlisensi.

Massa otot tanpa lemak sendiri berdampak pada tingkat metabolisme basal Anda (BMR), yang menentukan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh saat istirahat. Semakin banyak otot yang dimiliki, semakin tinggi BMR dan semakin banyak seseorang bisa makan.

Tentu saja, tingkat aktivitas juga berperan. Namun, semakin tinggi BMR seseorang maka semakin sedikit gerak yang harus lakukan untuk memperhitungkan kalori ekstra yang dimakan.

Portnoy mengatakan bahwa dalam pengalamannya, orang yang lebih pendek cenderung lebih sulit menurunkan berat badan secara umum.

"Semakin sedikit berat badan awal Anda, semakin sulit untuk kehilangan. Lebih mudah bagi orang seberat 200 pon untuk menurunkan berat badan daripada orang 100 pon."

Jadi, Dr Petre menyimpulkan bahwa orang yang lebih pendek harus makan kurang dari orang yang lebih tinggi untuk menurunkan berat badan secara umum.

Tetapi tinggi badan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan berapa banyak kalori yang harus bakar per hari. Kebiasaan tidur, genetika, kesehatan hormonal, olahraga, riwayat diet, dan olahraga juga berpengaruh.

Salah satu cara jitu untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan berolahraga, dan ini adalah satu area di mana orang yang lebih pendek mungkin memiliki keuntungan.

"Orang yang lebih kecil memiliki kebutuhan kalori yang lebih rendah, tetapi mereka juga dapat membakar lebih dari orang yang lebih tinggi lebih cepat melakukan latihan yang sama," pungkas Tracy Lockwood Beckerman, ahli diet yang terdaftar di rumah di Betches Media.

Lihat video:


 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id