Menurut American Dental Association (ADA), penting untuk mencucu sikat gigi Anda secara keseluruhan setelah menggunakannya untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan kotoran. (Foto: Pexels.com)
Menurut American Dental Association (ADA), penting untuk mencucu sikat gigi Anda secara keseluruhan setelah menggunakannya untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan kotoran. (Foto: Pexels.com)

Tips Membersihkan Sikat Gigi agar Terbebas dari Kuman

Rona tips kesehatan tips membersihkan sikat gigi
Raka Lestari • 22 Mei 2020 07:00
Jakarta: Mulut mengandung banyak kuman dan bakteri yang mungkin juga menempel pada sikat gigi yang kita gunakan. Bakteri yang menempel pada sikat gigi juga bisa bersumber dari toilet.
 
Ketika Anda memencet tombol flush di toilet, kemungkinan air yang digunakan bisa menyebarkan bakteri termasuk ke sikat gigi Anda. Untuk mencegah bakteri pada sikat gigi Anda, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Mencuci tangan sebelum dan setelah menggosok gigi 

Penting untuk mencuci tangan Anda dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik ketika Anda ingin menggunakan sikat gigi.
 
Tangan merupakan salah satu cara penyebaran virus dan bakteri. “Anda perlu lebih sering mencuci tangan sebelum menggosok gigi, terutama ketika sedang musim flu,” kata William Martin, presiden dari Maryland State Dental Association. 

2. Bersihkan dan simpan sikat gigi dengan benar 

Menurut American Dental Association (ADA), penting untuk mencucu sikat gigi Anda secara keseluruhan setelah menggunakannya untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang menempel pada sikat gigi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mencucinya, simpan sikat gigi tegak lurus dan biarkan kering dengan sempurna. Bakteri yang hidup dalam sikat gigi biasanya bersifat anaerobik, artinya akan mati jika terkena udara. Sehingga dengan mengeringkannya menggunakan udara maka akan membuat bakteri mati.

3. Melakukan disinfektan pada sikat gigi

Hidrogen peroksida merupakan salah satu disinfektan yang efektif yang bisa menghancurkan komponen sel bakteri dan membunuh berbagai jenis mikroorganisme.
 
Antiseptic mouthwash juga mengandung berbagai bahan seperti alkohol, mentol, dan eucalyptol yang dapat membunuh semua bakteri yang hidup dalam sikat gigi.

4. Usahakan jaga sikat gigi tetap bersih ketika traveling 

Untuk menjaga agar sikat gigi Anda tetap bersih dari kuman ketika bepergian, sebaiknya ketika sampai di kamar atau hotel Anda simpan sikat gigi dengan benar.
 
Usahakan untuk tidak menaruh sikat gigi dalam suatu tempat yang tertutup dalam waktu yang lama.
 
Anda juga bisa membersihkannya dengan merendam sikat gigi pada air panas untuk membang kotoran atau bisa merendam sikat gigi dalam antibacterial mouthwash selama 10 - 15 menit. Mudah bukan?
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif