Penting untuk memperhatikan gejala awal hipoglikemia, karena tanda peringatan ini adalah cara tubuh Anda melindungi dirinya sendiri. (Foto: Dok. Mykenzie Johnson/Unsplash.com)
Penting untuk memperhatikan gejala awal hipoglikemia, karena tanda peringatan ini adalah cara tubuh Anda melindungi dirinya sendiri. (Foto: Dok. Mykenzie Johnson/Unsplash.com)

Penyebab Terjadinya Hipoglikemia atau Gula Darah Rendah

Rona kesehatan diabetes
Raka Lestari • 16 September 2020 15:06
Jakarta: Hipoglikemia merupakan istilah medis dari gula darah yang rendah secara tidak normal. Pada umumnya, hipoglikemia terjadi pada mereka yang memiliki diabetes.
 
Akan tetapi, hipoglikemia juga bisa terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan makan atau kondisi pankreas seperti insulinoma.
 
Bagi pasien diabetes, gula darah yang rendah biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan antara obat-obatan yang dikonsumsi (seperti insulin) dan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagai contoh, jika Anda sudah mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi asupan karbohidrat tetapi ternyata Anda tidak mendapatkan karbohidrat yang cukup maka bisa menyebabkan hipoglikemia,” kata Romy Block, MD, seorang ahli endokrinologi yang berpraktik di North Side of Chicago dalam Insider.
 
Obat insulin dirancang untuk meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah Anda. Dan karena peran insulin adalah membantu tubuh menyerap gula dalam darah Anda, terlalu banyak insulin dapat menyebabkan kadar gula darah turun. Inilah mengapa hipoglikemia dikenal juga dengan “syok insulin”.
 
 
Halaman Selanjutnya
Dalam kasus syok insulin yang…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif