NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Tips Agar Anak Terhindar dari Virus

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 21 Februari 2020 06:10
Jakarta: Anak rentan terpapar virus dan bakteri hingga menyebabkan berbagai penyakit. Agar mencegah paparan virus tersebut, ada tips tepat yang bisa diterapkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka.
 
Hal pertama, meningkatkan kewaspadaan terutama terhadap virus corona. Beberapa langkah baik yang bisa mencegah anak terserang virus ialah dengan melengkapi imunisasi anak, menerapkan pola hidup bersih.
 
Kemudian, juga meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan antibodi. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. dr. Bambang Supriyatno, SpA (K) selaku Konsultan Respi Anak di RSCM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Orang tua juga harus lebih cermat memantau kesehatan anak. Amati gejala-gajala penyakit yang mungkin terjadi pada anak agar bias cepat tertangani," ujar Prof. Bambang, di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat.
 
Selain itu, periksa juga apakah anak mengalami lemah, letih, lesu. Sebab, gejala itu bisa jadi pertanda bagi kualitas kesehatan anak yang sedang menurun. Bila ini terjadi, segera asup nutrisi baik pada anak agar pertahanan tubuhnya menjadi prima.
 
Tips Agar Anak Terhindar dari Virus
Prof. dr. Bambang Supriyatno, SpA (K) selaku Konsultan Respi Anak di RSCM. (Foto: Krispen/Medcom.id)
 
Sistem imun dinilai sebagai pelindung vital bagi tubuh untuk dapat melawan penyakit. Baik bagi orang dewasa maupun anak.
 
Menurut Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, tubuh memiliki sistem imun atau sistem pertahanan, sebagai mekanisme alami untuk melawan ancaman dari masuknya benda asing dari luar, seperti virus, bakteri, dan jamur.
 
Sistem imun merupakan mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya baik yang berasal dari dalam tubuh, maupun luar tubuh. Jika daya tahan tubuh melemah, benda asing mudah masuk dan menyebabkan tubuh terkena infeksi.
 
Setelah itu, akan muncul gejala awal, sepertu bersin, demam, dan batuk, dan sebagainya. Solusi terbaik, ialah dengan memperkuat dan memperbaiki antibodi atau kekebalan tubuh.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif