Kacang hijau memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. (Ilustrasi/Pexels)
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. (Ilustrasi/Pexels)

Bahan Makanan Kaya Gizi Asli Indonesia

Rona gizi makanan sehat
Sunnaholomi Halakrispen • 08 Februari 2020 06:03
Jakarta: Makan memiliki pengaruh penting untuk daya tahan tubuh hingga kondisi tubuh menusia. Setiap makanan pun mempunyai manfaat berdasarkan kan kandungan gizi masing-masing.
 
Agar kondisi tubuh tetap sehat bahkan untuk mengatasi sejumlah masalah kesshatan, manfaatkanlah makanan yang kaya akan gizi. Di Indonesia ada 'segudang' bahan makanan yang memiliki kaya gizi. 
 
"Banyak kita temui di pasar mulai dari daun kelor, pakcoy, kacang hijau, okra, selada air, dan masih banyak lagi bahan pangan yang jarang diolah," ujar dr. Diana Suganda, Sp.GK selaku Ahli Gizi, di Seribu Rasa Senopati, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut lima bahan makanan asli Indonesia yang dipaparkan dr. Diana.
 
1. Daun kelor
 
Daun kelor memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang siapapun. Mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia (lansia).
 
Sayuran yang satu ini kaya antioksidan, zat besi, mineral, magnesium, protein, serta vitamin B6, B2, dan A. Kemudian, bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar gula darah.
 
Selain itu, meningkatkan produksi ASI (air susu ibu) bagi wanita hamil. Juga menjaga sel-sel tubuh agar lebih baik.
 
2. Pakcoy
 
Pakcoy juga kaya akan gizi. Sayur ini mengandung zat besi dan zinc. Manfaatnya, sebagai sistem imunitas tubuh, serta menjaga kesehatan mata, kulit, dan tulang.
Bahan Makanan Kaya Gizi Asli Indonesia
(Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
 
3. Kacang hijau
 
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain lezat disantap sebagai bubur, kacang hijau juga bisa dijadikan tambahan dalam sayuran Anda.
 
4. Okra
 
Okra juga merupakan bahan makanan asli Indonesia, namun masih banyak yang belum menyadarinya. Okra mengandung mineral, magnesium, kalsium, zinc, kolagen, serta vitamin A, B, C, dan K. Maka demikian, okra bermanfaat bagi pencernaan, peredaran darah, dan kesehatan kulit.
Bahan Makanan Kaya Gizi Asli Indonesia
(Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
 
5. Selada air
 
Selada air pun tak kalah memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk manusia. Di antaranya, mineral, zinc, kalsium, fosfor, serta vitamin B, C, dan K. Manfaatnya, baik untuk kesehatan jantung, kekebalan tubuh, dan pembuluh darah.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif