Apakah Detergen Khusus Benar-benar Diperlukan untuk Perlengkapan Bayi?

Raka Lestari 12 September 2018 13:45 WIB
kesehatan kulit
Apakah Detergen Khusus Benar-benar Diperlukan untuk Perlengkapan Bayi?
Detergen bayi, sesuai dengan namanya memang detergen yang memang penggunaannya dikhususkan untuk bayi atau anak-anak. (Foto: Dakota Corbin/Unsplash.com)
Jakarta: Saat sedang menyiapkan peralatan untuk bayi, terutama bayi yang baru lahir mungkin menggunakan deterjen khusus untuk bayi merupakan salah satu saran yang sering Anda dapatkan.

Detergen bayi, sesuai dengan namanya memang detergen yang memang penggunaannya dikhususkan untuk bayi atau anak-anak. 

Hal ini karena kulit bayi biasanya masih sensitif sehingga perlu detergen bayi yang memiliki formula khusus agar tidak menimbulkan iritasi pada bayi. Tetapi apakah detergen bayi benar-benar diperlukan atau hanya sekedar tren saja? 


Seorang bidan dan konsultan kehamilan, Kathy Fray, mengatakan "Itu semua tergantung pada detergen yang Anda gunakan saat ini," kata Fray kepada Romper.

"Cukup masuk akal memang jika detergen yang digunakan oleh orang dewasa memiliki kandungan yang berbeda dengan detergen yang dikhususkan untuk bayi." 

(Baca juga: Tips Agar Kulit Bayi Tidak Mudah Iritasi)


(Saat sedang menyiapkan peralatan untuk bayi, terutama bayi yang baru lahir mungkin menggunakan deterjen khusus untuk bayi merupakan salah satu saran yang sering Anda dapatkan. Foto: Filip Mroz/Unsplash.com)

Jika detergen yang Anda gunakan sehari-hari memiliki kandungan bahan kimia yang cukup kuat untuk menghilangkan noda membandel seperti noda darah atau kotoran, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan detergen khusus untuk bayi. 

Namun, Fray menambahkan, jika detergen yang Anda gunakan sehari-hari sudah menggunakan bubuk pencuci organik atau alami, maka Anda mungkin tidak perlu menggunakan detergen khusus untuk bayi Anda. 

Penggunaan detergen yang aman bagi bayi sangat perlu karena kulit bayi masih sangat sensitif karena masih perlu penyesuaian dengan kondisi lingkungan sekitar. 

"Bayi tumbuh dan berkembang di dalam rahim yang steril dan suasana yang netral selama sembilan bulan sebelum akhirnya lahir," kata Fray. "Dan kulit mereka masih sangat tipis dan rentan yang akan mengalami iritasi jika Anda menggunakan detergen secara sembarangan."






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id