Makanan bisa baik atau buruk bagi kualitas tidur Anda. Simak informasi selangkapnya. (Foto: Pexels.com)
Makanan bisa baik atau buruk bagi kualitas tidur Anda. Simak informasi selangkapnya. (Foto: Pexels.com)

7 Makanan yang Membantu dan Membahayakan Tidur

Rona tidur
Sunnaholomi Halakrispen • 07 Juli 2019 13:20
Jika tidur Anda terganggu, mungkin Anda bisa melihat salah satu faktornya yaitu asupan makanan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan makanan tinggi lemak akan bertambah berat badannya dan siklus tidurnya cenderung terganggu. Jika sudah seperti itu, salah satu hal yang bisa Anda lakukan antara lain minum susu hangat. Susu mengandung triptofan yang merupakan zat penambah tidur.
 

Jakarta: Makanan bisa memengaruhi bagaimana kualitas tidur Anda. Jika Anda bisa memilih makanan yang tepat, maka bisa membantu tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas.
 
Kemudian, ketika Anda tahu makanan apa yang akan menghambat tidur nyenyak, Anda akan bisa menghindarinya. Sekarang kesempatan Anda untuk memelajari makanan mana yang harus dimakan dan mana yang harus dihindari untuk tidur nyenyak Anda.

1. Makanan yang kaya triptofan

Mungkin Anda pernah mendengar tentang kemampuan susu hangat untuk menenangkan diri ke alam mimpi. Nyatanya, susu mengandung triptofan yang merupakan zat penambah tidur. Sumber baik lainnya, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, pisang, madu, dan telur.

2. Sedikit karbohidrat

Makanan kaya karbohidrat membantu meningkatkan triptofan dalam darah. Jadi, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan kecil saat malam, termasuk semangkuk sereal dan susu, kacang-kacangan dan kerupuk, atau roti dan keju.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda mengalami insomnia, sedikit makanan untuk perut Anda dapat membantu Anda tidur. Tapi jaga camilan agar tetap dalam porsi kecil. Makan berat akan membebani sistem pencernaan Anda, membuat Anda tidak nyaman ketika tidur.
 
7 Makanan yang Membantu dan Membahayakan Tidur
(Mungkin Anda pernah mendengar tentang kemampuan susu hangat untuk menenangkan diri ke alam mimpi. Nyatanya, susu mengandung triptofan yang merupakan zat penambah tidur. Foto: Pexels.com)

3. Batasi makanan tinggi lemak

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan makanan tinggi lemak akan bertambah berat badannya dan siklus tidurnya cenderung terganggu. Sebab, makan berat mengaktifkan pencernaan, yang dapat berisiko menyebabkan Anda bolak-balik ke kamar mandi pada malam hari.

4. Waspadai kafein tersembunyi

Tidak mengherankan bahwa secangkir kopi pada malam hari mungkin mengganggu tidur Anda. Bahkan kafein dapat menyebabkan gangguan tidur.
 
Tapi, jangan lupa bahwa sumber kafein yang kurang jelas, seperti cokelat, cola, dan teh, bahkan kopi tanpa kafein memiliki efek yang sama meskipun tidak menjadi masalah besar. Untuk tidur yang lebih baik, hindari semua kafein dalam empat hingga enam jam sebelum tidur.

5. Obat dapat mengandung kafein

Obat-obatan ada yang mengandung kafein di dalamnya termasuk penghilang rasa sakit, pil penurun berat badan, diuretik, dan obat flu. Selain itu, obat-obatan lain mungkin mengandung kafein sebanyak atau bahkan lebih banyak dari secangkir kopi.
 
Periksalah label obat yang dijual bebas atau lembar informasi obat resep untuk melihat apakah obat Anda mengganggu tidur atau dapat menyebabkan insomnia.

6. Waspadai makanan berat dan pedas

Berbaring dengan perut penuh makanan atau begah, bisa membuat Anda tidak nyaman. Sebab, sistem pencernaan melambat saat Anda tidur. 
 
Hal ini juga dapat menyebabkan mulas, seperti ketika Anda menyantap masakan pedas. Jika Anda menikmati makanan berat atau pedas, selesaikan setidaknya empat jam sebelum tidur.

7. Minimalkan protein saat tidur

Protein sangat baik di siang hari. Tetapi jangan begitu banyak mengonsumsinya ketika Anda bersiap untuk tidur. Sebab, akan lebih sulit dicerna dan mengandung asam amino tirosin, yang meningkatkan aktivitas otak. Jadi lewati saja camilan berprotein tinggi sebelum tidur.
 
Atau jika tidur Anda tidak nyaman Anda bisa berkonsultasi ke beberapa tempat spesialis konsultasi masalah tidur, antara lain di Snoring & Sleep Disorder Clinic Dr. Andreas Prasadja, RPSGT, Sleep and Snoring Clinic, atau Klinik Gangguan Tidur & Mendengkur di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif