Treatment yang paling tepat baginya ialah menjalankan ibadah salat. (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Treatment yang paling tepat baginya ialah menjalankan ibadah salat. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Rahasia Awet Muda ala Menkes Nila Moeloek

Rona Nila Moeloek
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Oktober 2019 14:13
Jakarta: Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek tampak seperti masih di usia kepala lima atau enam. Namun siapa sangka, kini perempuan kelahiran Jakarta telah berusia 71 tahun.
 
Tak hanya terlihat awet muda, Nila disebut sebagai Menteri yang paling cantik versi Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Anung dalam Program The Nation MetroTV, pekan lalu. Bahkan, Pramono juga menyebut Nila sebagai menteri yang paling fashionable ketika rapat kabinet.
 
Perempuan bernama lengkap Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Moeloek, Sp.M, itu pun membocorkan rahasianya. Tentunya, ada sejumlah perawatan yang dilakukan dan disebutnya sebagai perawatan sederhana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kesehatan pasti dijaga, harus seimbang isi piringku. Kalau kebanyakan makan daging ya selanjutnya dikurangi," ujar Nila di kediamannya, Komplek Mikasa, Kuningan, Jakarta Selatan.
 
Istri dari Mantan Menkes Faried Anfasa Moeloek itu mengaku melakukan perawatan ke salon, tetapi tidak sering atau terus-terusan. Selain itu, kerja menjadi salah satu penyebabnya awet muda.
 
"Enggak usah mikir macam-macam, kalau punya tugas kerjain. Kalau ada tugas ke daerah, ikutin juga. Minum air harus. Sayur agak kurang dikit, kerja aja, bersihin muka," paparnya.
 
Beragam aktivitas di luar rumah dilakukannya dari pagi hingga malam. Ketika tiba di rumah setelah kerja seharian, Menkes membiasakan diri untuk tidak segera tidur. Hal ini diyakini tidak baik untuk kesehatan kulit wajah.
 
Treatment yang paling tepat baginya ialah menjalankan ibadah salat. Sebab, ada wudu dalam tahapan salat. Wudu diyakininya tidak hanya menyucikan hati, tetapi juga raga. Mulai dari bagian wajah hingga kaki.
 
"Air wudu kan cuci tangan, kumur-kumur, bersihin hidung, rambut, muka, kaki. Lengkap loh," tuturnya.
 
Lantaran padatnya jadwal kerja termasuk kunjungan di luar kota, Nila tidak memiliki banyak waktu luang untuk beristirahat. Guru Besar di Universitas Indonesia ini pun memanfaatkan sedikit waktunya ketika berada di pesawat.
 
"Keikhlasan saja, kalau iklhas bisa tidur di pesawat. Minum vitamin C juga tentunya," pungkasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif