Apakah Masturbasi Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut?

Raka Lestari 14 Agustus 2018 14:00 WIB
kesehatan
Apakah Masturbasi Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut?
Ada beberapa teori yang menyebutkan bahwa masturbasi dapat menyebabkan kerontokan rambut atau kebotakan. (Foto: Daniel Apodaca/Unsplash.com)
Jakarta: Ada beberapa teori yang menyebutkan bahwa masturbasi dapat menyebabkan kerontokan rambut atau kebotakan. Karena mengandung protein, ejakulasi dapat menyebabkan hilangnya protein yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok. 

Dikutip dari Women's Health, ada beberapa teori juga yang menyatakan bahwa masturbasi dapat meningkatkan hormon DHT yang bertanggung jawab atas kebotakan pria. 

Mona Gohara, M.D., dokter kulit di Advanced DermCare dan associate profesor klinis di Yale School of Medicine mengatakan, "Tidak ada korelasi ilmiah antara masturbasi dan rambut rontok," katanya. "Pada dasarnya, setiap manusia akan mengalami kerontokan rambut atau bahkan mengalami kebotakan."


(Baca juga: Mengenali Faktor Pencetus Kerontokan Rambut)


(Ada beberapa teori yang menyebutkan bahwa masturbasi dapat menyebabkan kerontokan rambut atau kebotakan. Karena mengandung protein, ejakulasi dapat menyebabkan hilangnya protein yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok. Foto: Yoann Boyer/Unsplash.com)

Menurut Gohara, seks dan ejakulasi secara umum tidak berdampak negatif pada kesehatan rambut Anda. Sebaliknya, ada sejumlah manfaat kesehatan dari masturbasi yang sudah terbukti diantaranya adalah menghilangkan stres, tidur yang lebih baik, dan meningkatkan kebahagiaan.

"Kerontokan rambut disebabkan oleh kombinasi faktor genetika dan lingkungan Anda," kata Joshua Zeichner, M.D. direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital. 

"Selain itu, ada juga faktor yang tidak bisa Anda kendalikan seperti faktor keturunan." Selain itu ada juga faktor-faktor lain seperti bagaimana Anda merawat rambut Anda. 

Menuru Zeichner, terlalu ketat saat menguncir rambut juga dapat memberi tekanan pada akar rambut dan berkontribusi pada penipisan akar rambut. Menurut Gohara faktor lain yang berkontribusi pada rambut rontok adalah perubahan hormon, masalah tiroid, anemia, defisiensi vitamin, autoimunitas, obat-obatan tertentu, dan stres secara emosional atau fisiologis.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id