Ilustrasi--Memberikan penjelasan kepada anak-anak Anda mengenai mekap, meskipun mereka belum membutuhkannya ternyata sangat penting--Pexels
Ilustrasi--Memberikan penjelasan kepada anak-anak Anda mengenai mekap, meskipun mereka belum membutuhkannya ternyata sangat penting--Pexels

Cara Tepat Memperkenalkan Mekap kepada Anak

Rona kecantikan
Raka Lestari • 28 Juni 2019 16:57
Orangtua ternyata penting untuk menjelaskan kepada anak kapan waktu untuk mekap. Waktunya, tunggu sampai anak-anak sendiri yang bercerita kepada Anda.
 
 
Jakarta: Mekap adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan wanita. Ternyata mekap juga tidak luput dari bagian kehidupan anak-anak Anda.
 
Salah satunya adalah menjamurnya tutorial mekap di YouTube yang mungkin pernah ditonton anak-anak Anda. Memberikan penjelasan kepada anak-anak Anda mengenai mekap, meskipun mereka belum membutuhkannya ternyata sangat penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dr Nancy Sherman, seorang konselor dari Bradley University dan Dr Fran Walfish, psikoterapis keluarga dan hubungan menjelaskan mengapa hal tersebut merupakan sesuatu yang penting. Dan terkadang, banyak orangtua yang memiliki kesulitan bagaimana cara memulai pembicaraan tersebut kepada anak-anak.
 
Baik Dr Sherman dan Walfish menjelaskan bahwa menjelaskan mengenai mekap kepada anak-anak tidak harus dilakukan secara proaktif. Tunggu sampai anak-anak sendiri yang bercerita kepada Anda. "Anak harus memulai pembicaraan tersebut dahulu, bukan orang tua," kata Dr Walfish.
Cara Tepat Memperkenalkan Mekap kepada Anak
Ilustrasi--Pexels
 
Dr Nancy Sherman, setuju bahwa pembicaraan mengenai mekap harus dipimpin anak-anak. Orangtua harus memahami terlebih dahulu mengapa mereka memakai atau tidak memakai mekap. "Penggunaan mekap sangatlah identik ketika anak-anak bermain dengan kostum," ujar Dr Sherman.
 
Biasanya mereka ketika sedang bermain mekap akan meniru apa yang dilakukan orangtua. Sehingga orangtua harus sangat menyadari apa yang mereka contohkan kepada anak-anak mereka.
 
Baik Dr Sherman dan Dr Walfish juga menekankan agar orangtua tidak boleh memaksakan menggunakan mekap jika anak-anak mereka tidak tertarik.  "Sebaiknya orang tua tidak memulai terlebih dahulu," ujar Dr Walfish.
 
Dr Sherman juga memperingatkan orangtua agar tidak pernah mengatakan apapun yang menunjukkan bahwa menggunakan atau tidak menggunakan mekap merupakan suatu masalah. Kapan sebaiknya anak mengenal makeup juga sangat relatif, bergantung pada kepribadian dan kegiatan anak-anak itu sendiri.
 
"Anak-anak yang aktif dalam menari misalnya, akan diminta untuk menggunakan makeup lebih awal sebagai penunjang penampilan mereka," ujar Dr Sherman.
 
Keputusan untuk memberikan makeup kepada anak dan batasan-batasan dalam menggunakan makeup sepenuhnya bersifat pribadi dan akan berbeda dari satu keluarga dengan keluarga lainnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif