Tim ilmuwan dari University of Utah telah berupaya menunjukkan dengan tepat faktor-faktor apa saja yang menentukan Anda untuk memertahankan hubungan atau berpisah. (Foto: Steven Spasovv/Unsplash.com)
Tim ilmuwan dari University of Utah telah berupaya menunjukkan dengan tepat faktor-faktor apa saja yang menentukan Anda untuk memertahankan hubungan atau berpisah. (Foto: Steven Spasovv/Unsplash.com)

Tiga Alasan Utama Putus Menurut Penelitian

Rona penelitian romansa psikologi
Torie Natalova • 15 Januari 2019 10:00
Jakarta: Memutuskan untuk berpisah dengan kekasih dapat menjadi proses yang panjang dan berlarut-larut.
 
Ketika Anda tidak yakin untuk berpisah atau melihat teman yang menjalani hubungan bertahun-tahun tapi tidak bahagia, Anda akan tahu mengapa putus itu hal yang rumit.
 
Tim ilmuwan dari University of Utah telah berupaya menunjukkan dengan tepat faktor-faktor apa saja yang menentukan Anda untuk memertahankan hubungan atau berpisah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan hasil, alasan utama untuk berpisah baik mereka yang sudah menikah atau belum adalah sama.
 
Menurut ketua peneliti Samantha Joel, sebagian besar penelitian mencoba memprediksi apakah pasangan tetap bersama atau tidak, tetapi kita tidak tahu banyak tentang proses pengambilan keputusan, apa pro dan kontra hubungan secara spesifik yang dipikirkan orang.
 
Untuk menemukan faktor-faktor utama sebuah hubungan, tim mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan kepada relawan. Hasilnya, ada tiga hal teratas yang dapat memicu kandasnya sebuah hubungan yaitu, masalah dengan kepribadian pasangan, pelanggaran kepercayaan dan ditinggalkan pasangan.
 
Tiga Alasan Utama Putus Menurut Penelitian
(Memutuskan untuk berpisah dengan kekasih dapat menjadi proses yang panjang dan berlarut-larut. Ketika Anda tidak yakin untuk berpisah atau melihat teman yang menjalani hubungan bertahun-tahun tapi tidak bahagia, Anda akan tahu mengapa putus itu hal yang rumit. Foto: Unsplash.com)
 
(Baca juga: 7 Tahap yang Dialami Setiap Orang Saat Putus Cinta)
 
Namun, ketika harus memutuskan apakah akan tetap menjalin hubungan, ada perbedaan antara mereka yang telah menikah dan masih berpacaran.
 
Pasangan yang berpacaran (rata-rata dua tahun) mengatakan alasan untuk memilih tetap bersama pasangan mereka karena alasan keintiman emosional dan kepribadian pasangan.
 
Sedangkan mereka yang sudah menikah mengatakan alasan utama untuk tetap bersama adalah tanggung jawab keluarga, takut akan ketidakpastian, rasa investasi juga perasaan cinta.
 
Tim menyimpulkan bahwa keluar dari suatu hubungan jauh lebih sulit daripada memulainya.
 
Beberapa orang mungkin dengan mudah mengatakan ketika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dalam sebuah hubungan, Anda harus putus. Namun, ini sangat sulit untuk dilakukan dan semakin lama Anda menjalin hubungan, semakin sulit pula untuk memutuskan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif