Kurang Tidur 16 Menit Saja Bisa Berdampak Buruk (Foto: istock)
Kurang Tidur 16 Menit Saja Bisa Berdampak Buruk (Foto: istock)

Kurang Tidur 16 Menit Saja Bisa Berdampak Buruk

Rona kesehatan tidur
Dhaifurrakhman Abas • 27 April 2019 16:30
Jakarta: Bukan rahasia jika kurang tidur bisa berdampak buruk buat kesehatan tubuh. Selain risiko penyakit jantung, kurang tidur juga bisa membuat seseorang kehilangan produktivitas dalam bekerja.
 
Bahkan ketika waktu tidur hanya berkurang 16 menit dari biasanya. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dari University of South Florida (USF).
 
Studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Health, mencatat bahwa pekerja lebih cenderung memiliki penilaian yang buruk dari atasan mereka. Hal ini disebabkan lantaran kurang tidur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Temuan dari penelitian ini memberikan bukti empiris mengapa tempat kerja perlu melakukan lebih banyak upaya untuk mempromosikan tidur karyawan mereka," kata peneliti, Soomi Lee, asisten professor dari School of Aging Studies.
 
Untuk mencapai kesimpulan ini, Lee dan rekan-rekannya mensurvei sedikitnya 130 karyawan sehat yang bekerja di bidang Teknologi Informasi. Mereka seluruhnya memiliki setidaknya satu anak yang sudah bersekolah.
 
“Peserta melaporkan bahwa ketika mereka tidur kurang dari 16 menit dari biasanya dan memiliki kualitas tidur yang lebih buruk, mereka mengalami lebih banyak masalah kognitif pada hari berikutnya,” sambung Lee.
 
Menurut Lee, kinerja yang merosot dikarenakan meningkatkan tingkat stres para pekerja. Stres terjadi utamanya berkaitan dengan permasalahan keseimbangan hidup dan pekerjaan.
 
“Hal ini menyebabkan mereka tidur lebih awal dan bangun lebih cepat karena kelelahan,” ungkap Lee
 
Sebaliknya, menurut Lee, orang yang tidur nyenyak memiliki peningkatan kinerja menjadi lebih baik di tempat kerja. Mereka juga menjadi lebih fokus saat bekerja dengan sedikit kesalahan.
 
“Selain tetap fokus pada tugas mereka juga terhindar dari kesalahan yang berakhir pada konflik antarpribadi," beber dia.
 
Dengan demikian, Lee menganjurkan agar selalu menjaga pola tidur ideal. Sebab siklus tidur yang buruk membuat karyawan rentan terhadap stress, gangguan kognitif harian, dan juga berkontribusi meningkatkan penyakit berbahaya lainnya.
 
Namun ketika pola tidur terganggu, Anda dianjurkan untuk melakukan solusi untuk tetap fit. Diantaranya adalah sarapan sebelum memulai pekerjaan.
 
Sarapan membantu mengurangi kelelahan dan memperbaiki suasana hati. Namun memilih menu sarapan juga tak boleh sembarangan saja.
 
Jangan memilih sereal manis sebagai pengganti gandum utuh dan protein. Anda juga tak dianjurkan menyeruput kopi atau teh pada pagi hari dengan gula, ketika Anda kurang tidur.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif