Saat flu kedua hidung tersumbat hingga tak bisa mencium aroma makanan. (Foto: Public Domain Picture/Pexels)
Saat flu kedua hidung tersumbat hingga tak bisa mencium aroma makanan. (Foto: Public Domain Picture/Pexels)

Konsumsi Ini saat Batuk atau Flu

Rona tips kesehatan
Medcom • 23 September 2019 06:00
Monica Auslander Moreno, RD, konsultan nutrisi untuk RSP Nutrisi menjelaskan pilek dan flu sama-sama disebabkan oleh virus. Makanan dengan sifat antivirus dapat mempercepat pemulihan atau melawan virus-virus itu sejak awal mereka masuk.
 
Jakarta: Kondisi cuaca yang tidak menentu dapat memengaruhi kesehatan. Terlebih saat musim hujan tiba, mungkin sebagian orang akan mudah jatuh sakit.
 
Penyakit yang paling umum menyerang seseorang saat musim hujan yaitu batuk dan flu. Saat flu kedua hidung tersumbat hingga tak bisa mencium aroma makanan, yang lebih buruk lagi mungkin Anda akan kehilangan nafsu makan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda perlu berhati-hati agar tubuh tetap sehat dan tidak jatuh sakit. Untuk menjaga kondisi tubuh di musim dingin, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat Anda merasa lebih baik seperti dikutip dari women'shealth.

1. Sup ayam

Sup ayam bukan hanya menyediakan cairan yang Anda butuhkan untuk membantu melawan virus, tetapi juga mengurangi peradangan yang memicu gejala dan penyebab masuk angin.

2. Buah sitrus

Buah sitrus sebenarnya terdiri dari buah-buah seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali dan aneka jeruk lainnya. Buah sitrus terkenal kaya akan antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang baik untuk tubuh.
 
Antioksidan dalam buah itu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi mulailah rutinitas konsumsi buah ini agar sistem kekebalan tubuh Anda meningkat di waktu berikutnya.

3. Aneka bawang

Ketika hidung tersumbat, mungkin Anda bertanya tanya atau mencari cara agar hidung bisa kembali efektif. Sebaiknya Anda menikmati bumbu dapur yang menyengat seperti bawang bawangan, bawang bombai, dan daun bawang.
 
Konsumsi Ini saat Batuk atau Flu
 
"Bawang dapat membantu melawan dingin yang mengganggu. Telah lama dihormati dalam kemampuannya untuk membantu sel-sel pembunuh alami membersihkan tubuh penjajah," kata Moreno.

4. Teh jahe

Jahe memiliki perbedaan sebagai salah satu makanan terbaik untuk pilek berkat bahan kimia yang disebut sesquiterpenes. Hal itu secara khusus menargetkan virus badak, bagian paling umum dari virus flu, serta zat yang menekan batuk. Ini juga mengandung gingerol anti-inflamasi yang dapat melawan infeksi.
 
Saat menikmati teh hijau, Anda dapat menambahkan beberapa sendok makan jahe parut. Tetapi jika tidak ingin repot, Anda juga bisa mencari teh jahe, kunyah jahe, atau bir jahe asli dalam kemasan kaleng. Namun demikian, sebagian besar makanan kaleng memiliki sedikit sekali jahe asli.

5. Madu

Madu sering disebut-sebut sebagai obat untuk segala sesuatu. mMulai dari luka bakar hingga luka goresan.
 
Konsumsi Ini saat Batuk atau Flu
 
Selain itu, madu juga dinilai sebagai makanan terbaik untuk sakit tenggorokan yang menyebabkan flu. Sifat antioksidan dan antimikroba yang alami membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur.

6. Jamur

Jamur telah lama menjadi bahan pokok dalam penyembuhan di Tiongkok, mereka memiliki momen pengobatan modern. Moreno mengatakan jamur kemungkinan memiliki sifat antivirus, sebagian besar berkat kandungan vitamin D yang berlimpah.
 
Jamur juga menghasilkan sitokin, protein seluler, yang membantu melawan infeksi. Selain itu polisakarida di dalamnya adalah kelas senyawa lain yang meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Karbohidrat

Karbohidrat adalah teman Anda, terutama jika Anda sering pergi ke gym. Mengonsumsi karbohidrat saat latihan membantu melawan disfungsi kekebalan tubuh, dan respons inflamasi kekebalan tubuh akibat hormon stres yang dikeluarkan selama latihan keras. Yang artinya, karbohidrat itu membantu tubuh Anda tetap kuat dan melawan gejala pilek.

8. Ikan

Ikan mengandung vitamin D yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin D pada ikan berlemak seperti salmon juga dapat membantu menjaga tingkat darah yang optimal ketika tubuh Anda tidak mengoptimalkan vitamin dari sinar matahari.
 
Konsumsi Ini saat Batuk atau Flu
 
Di samping itu, persediaan vitamin D juga dapat membantu melawan kanker tertentu, memperkuat tulang, dan membantu penurunan berat badan.

9. Makanan kaya zinc

Nutrisi lain yang ingin Anda dapatkan saat Anda sedang sakit adalah zinc. Beberapa studi menunjukkan bahwa mineral membantu melawan sistem pengaturan sistem kekebalan tubuh dan bahwa mengkonsumsi suplemen zinc dapat mengurangi perasaan dingin.
 
Tiga ons daging sapi yang direbus mengandung sekitar 7 mg zinc, sekitar setengah dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Daging sapi juga kaya akan protein dan vitamin B yang membantu Anda pulih sepenuhnya dari flu.
 
Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi zinc pada awal pilek dapat memendeknya satu hari, dan mengkonsumsi tablet pencegahan setiap hari mengurangi keparahannya. Opsi lainnya yang mengandung zinc adalah biji labu dan buncis.

10. Tomat

Jika Anda seorang vegan, sup tomat adalah alternatif sup ayam yang luar biasa. Tomat kaya akan antioksidan likopen.
 
Sebuah studi dari The Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa, suplementasi likopen selama delapan minggu menurunkan penanda stres oksidatif, atau ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang terjadi selama infeksi.

11. Sayuran hijau

Menurut Mayer, sayuran hijau adalah sumber vitamin E dan antioksidan yang kuat. Antioksidan memiliki peran penting bagi tubuh karena dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, salad sangat baik ketika Anda mengalami gejala pilek.

12. Coklat hitam

Pikirkan tentang menjaga kebiasaan sehari-hari Anda ketika Anda merasa di bawah cuaca yang tak menentu. Cokelat hitam mengandung alkaloid pahit yang disebut theobromine yang telah terbukti dalam beberapa penelitian untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh flu.

13. Ekstrak Elderberry

Buah beri sangat ampuh dalam senyawa melawan penyakit. Sebagian berkat tingkat antosianinnya.
 
Sebuah studi dari Journal of International Medical Research menemukan bahwa, ekstrak elderberry lebih efektif melindungi tubuh dari influenza, dan mengurangi keparahan virus pernapasan empat hari lebih cepat daripada plasebo.
 
Sandra Odilifia
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif