Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Mengatasi Gangguan Makan di Tengah Pandemi Covid-19

Rona gangguan makan pandemi covid-19
Raka Lestari • 23 Mei 2020 14:00
Jakarta: Selama pandemi covid-19 ini banyak orang yang mungkin mengeluh bahwa mereka mengalami gangguan makan. Rasa tidak nyaman atau bahkan stres yang dialami selama pandemi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan makan atau harus bersusah payah dalam mengatasinya.
 
“Gangguan makan ini terjadi sebagai respons alami tubuh dalam mengatasi kecemasan selama pandemi ini,” kata Shilagh Mirgain, PhD, seorang psikologis dari UW Health.
 
Deborah Glasofer, PhD, seorang psikolog klinis medis dan psikiatri di Columbia Center for Eating Disorders juga menambahkan bahwa mengalami isolasi dengan segala keterbatasan yang ada dapat berpengaruh terhadap kapan, bagaimana, dan apa yang seseorang makan. Dan untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

-Menciptakan sistem pendukung

“Jika Anda membutuhkan bantuan dalam menghadapi gangguan makan yang dirasakan, mintalah teman atau keluarga untuk menemani Anda selama dan setelah makan,” saran Glasofer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan jika Anda memerlukan bantuan profesional, bisa melakukan konsultasi kepada psikolog atau dokter penyakit kejiwaan untuk mengetaui terapi yang bisa diberikan.

-Membangun rutinitas makan

Untuk mengurangi efek buruk dari kebiasaan makan yang tidak baik, Glasofer merekomendasikan untuk membuat jadwal makan setiap harinya. Yang terdiri dari makanan apa saja yang dikonsumsi dan waktu untuk mengonsumsi camilan. Tentukan waktu sesuai kemampuan Anda dan usahakan makan pada waktu-waktu tersebut secara rutin setiap harinya.

-Perhatikan apa saja yang ada di media sosial

Tetap terkoneksi dengan teman dan kerabat lain memang sangat penting pada saat-saat seperti ini. Tetapi apa yang Anda lihat dan ikuti di media sosial bisa berdampak pada gangguan makan atau memicu gejala gangguan makan.
 
"Untuk membatasi jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain media sosial," ujar Glasofer.

-Latih rasa sayang terhadap diri sendiri

Sementara itu Mirgain mengatakan, jika Anda masih mengalami gangguan makan meskipun sudah melakukan hal yang bisa mengatasinya, jangan terlalu bersikap keras pada diri sendiri.
 
“Pahami bahwa apa yang Anda alami ini merupakan suatu tantangan yang harus dilewati dan banyak orang yang juga mengalami hal yang sama. Untuk itu, melakukan hal-hal yang Anda sukai seperti mandi air hangat, berkebun, atau memasak," pungkas Mirgain.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif