NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: Pexels)
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Amankah Pulang Kampung saat Wabah Covid-19?

Rona Coronavirus virus corona covid-19 social distancing
Sunnaholomi Halakrispen • 21 Maret 2020 17:04
Jakarta: Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk social distancing. Sementara, waktu berlalu dan bulan Ramadan akan tiba. Lalu, amankah pulang kampung saat masih ada wabah covid-19 (new coronavirus) di Indonesia?
 
"Kalau Lebaran masih terjadi pandemi, maka penyebarannya sangat mudah sekali. Maka banyak negara banyak sekali yang tersebar dalam waktu 2 minggu," ujar Ketua POKJA PINERE (penyakit infeksi, new emerging, & reemerging) Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dr. Pompini Agustina, dalam Workshop Kesiapan Nakes dan Faskes serta Dukungan Psikososial Dalam Penanggulangan Covid-19.
 
Ia memaparkan bahwa masyarakat diharapkan bisa bersama-sama memutus rantai penularan. Penekanannya, jika tidak perlu bepergian jauh, maka tetaplah berada di tempat tinggal saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebaiknya dipertimbangkan hal tersebut. Pada kondisi lebaran, penumpang padat akan menjadi potensi atau sumber penularan di tempat tersebut dan menular ke daerah baru," tuturnya.
 
Apabila satu orang terinfeksi virus, satu orang bisa berisiko menularkan ke banyak orang. Maka demikian, masyarakat bisa memutuskan dengan bijak terkait pulang kampung atau mudik. 
"Diharapkan satu bulan ini kita semua bisa melakukan upaya pencegahan, jadi pas lebaran transmisi kasus bisa menurun," paparnya.
 
Selain itu, masyarakat diimbau untuk memahami mengenai covid-19. Termasuk mengenali gejala-gejalanya. Kemudian, orang dengan penyakit kormobit atau lansia (orang lanjut usia) diharapkan untuk tidak beraktivitas di luar rumah. "Karena bisa menular dan sangat berbahaya dengan orang-komorbit yang berujung pada peneumonia," pungkasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif