Berikut ini adalah tips dalam menggunakan media sosial secara positif di tengah wabah virus korona covid-19. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah tips dalam menggunakan media sosial secara positif di tengah wabah virus korona covid-19. (Foto: Pexels.com)

Tips Bermedia Sosial yang Positif di Tengah Krisis Covid-19

Rona media sosial psikologi covid-19
Raka Lestari • 29 Maret 2020 11:21
Jakarta: Di tengah pandemi covid-19 yang sedang melanda dunia, media sosial bisa memiliki dampak positif sekaligus negatif. Di satu sisi, media sosial bisa menjadi sumber yang kuat untuk menyebarkan berbagai informasi, atau untuk tetap berinteraksi dengan teman-teman. 
 
Akan tetapi, di sisi lain media sosial juga bisa menjadi salah satu sumber kepanikan ataupun juga penyebaran informasi yang belum tentu kebenarannya jika isinya berita hoaks.
 
Psikolog klinis Dr Roberta Babb, mengatakan bahwa interaksi kita dengan media sosial harus disertai dengan tanggung jawab dan akuntabilitas. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah informasi di internet dan media sosial tentang covid-19 sangat banyak, tanpa henti, dan banyak dari informasi tersebut justru bersifat negatif,” ujarnya. Lalu bagaimana menggunakan media sosial dengan cara yang positif?
 

Berikut ini adalah tips dari Dr Roberta dalam menggunakan media sosial secara positif:

 

1. Belajar hal baru 

Keterlibatan positif di media sosial dapat dimulai dengan menginisiasi atau berpartisipasi dalam melakukan diskusi menarik yang tidak berkaitan dengan covid-19 ini. 
 
Memiliki rasa ingin tahu terhadap tanggapan orang lain terhadap suatu buku, film, atau aktivitas juga merupakan cara untuk membangkitkan minat yang dapat mendukung keinginan untuk belajar hal baru, meningkatkan ikatan sosial dan menciptakan sikap yang lebih baik.

2. Merayakan pencapaian 

Menggunakan media sosial dengan cara yang positif juga bisa dilakukan dengan membagikan hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan baik dan tepat atau membagikan pencapaian Anda yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Misalnya saja dengan memposting masakan buatan Anda sendiri, atau kerajinan tangan buatan sendiri yang dilakukan di rumah.

3. Menciptakan komunitas secara online

Anda bisa menggunakan media sosial untuk menemukan cara-cara baru dan kreatif untuk melakukan aktivitas grup secara online bersama. Misalnya saja kelas olahraga, kelas menjahit, menonton film sambil berdiskusi yang semuanya dilakukan secara online.

4. Mempromosikan sesuatu yang bermanfaat

Anda juga bisa menggunakan waktu tamahan di media sosial untuk melakukan riset dan mempromosikan hal-hal yang bermanfaat dan meningkatkan kesadaran pada isu-isu penting yang mungkin selama ini terabaikan. Memiliki keterlibatan secara positif di media sosial dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Dan ini jauh lebih positif dibandingkan hanya melihat-lihat media sosial.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif