Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kesehatan rambut Anda terutama saat cuaca dingin. (Foto: KaLisa Veer/Unsplash.com)
Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kesehatan rambut Anda terutama saat cuaca dingin. (Foto: KaLisa Veer/Unsplash.com)

Saat Musim Hujan, Hindari Melakukan Ini pada Rambut Anda

Rona rambut
Raka Lestari • 11 Desember 2018 12:28
Jakarta: Musim hujan atau musim dingin biasanya dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kering dari biasanya. Dan hal itu berlaku juga pada rambut Anda.
 
Sama seperti penurunan suhu dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, cuaca yang dingin juga dapat dapat menghilangkan kelembapan dari rambut Anda dan membuat rambut Anda lebih rentan terhadap kerusakan.
 
Selain itu, ada beberapa kebiasaan umum yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengalami kerusakan rambut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Huffington Post, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kesehatan rambut Anda terutama saat cuaca dingin.
 
1. Keluar rumah dengan rambut basah
Menurut Jehnna Mahone, seorang ahli pewarnaan rambut dari Kennaland Studio mengatakan bahwa jika Anda pergi keluar rumah dengan kondiis rambut yang masih basah maka akan merusak rambut.
 
"Ketika rambut basah dan Anda pergi ke luar dengan cuaca yang dingin, rambut yang basah akan mengembang dan secara fisik akan merusak rambut."
 
(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Rambut Anda Benci Kelembapan)
 
Saat Musim Hujan, Hindari Melakukan Ini pada Rambut Anda
(Sama seperti penurunan suhu dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, cuaca yang dingin juga dapat dapat menghilangkan kelembapan dari rambut Anda dan membuat rambut Anda lebih rentan terhadap kerusakan.  Foto: Element5 Digital/Unsplash.com)
 
2. Tidak cukup kondisioner
"Secara keseluruhan, setiap rambut harus menerima masker dan perawatan yang lebih menghidrasi saat cuaca dingin, " ujar Ebony Bomani, seorang ahli kecantikan dan pengajar dari Mane Choice.
 
Mahoney mengatakan bahwa penggunaan kondisioner pada rambut dapat menyehatkan, melembapkan dan menutrisi rambut dan mencegah sekaligus melindungi rambut dari kerusakan lebih lanjut saat udara kering dan cuaca dingin.
 
3. Mencuci rambut dengan air yang sangat panas
Air yang sangat panas dapat mengeringkan kulit Anda, serta merusak rambut dan kulit kepala. "Air yang terlalu panas akan membuat kering kulit Anda, kulit kepala dan, tentu saja, rambut," kata Mahoney.
 
Menurut Bomani, suhu ekstrem, baik dingin dan panas dapat menghilangkan kelembapan dari rambut Anda, menyebabkan rambut menjadi dehidrasi, yang akan menyebabkan keriting, kusam dan akhirnya pecah-pecah.
 
4. Keramas berlebihan
Keramas berlebihan dapat menyebabkan kekeringan pada rambut dan kulit kepala Anda, yang berarti kulit kepala menjadi rapuh dan mudah terkelupas serta patah, kata Bomani.
 
"Di sisi lain, terlalu banyak keramas dapat menyebabkan kelenjar sebaceous Anda, kelenjar yang bertanggung jawab untuk memproduksi minyak, menjadi terlalu aktif, yang akan menyebabkan kulit kepala Anda menjadi lebih berminyak dari biasanya," tambahnya.
 
5. Menggunakan produk berbahan alkohol secara berlebihan
Menurut Mahoney, produk-produk berbasis alkohol sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan ketika cuaca dingin.
 
"Alkohol ditambahkan ke berbagai jenis perawatan rambut sehingga produk cepat kering dan tidak merusak atau mengubah bentuk gaya," katanya. "Ketika kita memerangi kekeringan musim dingin, sebaiknya hindari ini."
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif