Ini Alasan Mengapa Rambut Anda Benci Kelembapan

Yatin Suleha 15 Agustus 2018 14:29 WIB
gaya
Ini Alasan Mengapa Rambut Anda Benci Kelembapan
Ada cara praktis agar rambut Anda tak mengeriting karena lembap. Berikut ini caranya. (Foto: Valerie Elash/Unsplash.com)
Jakarta: Rambut bagi wanita adalah mahkota yang dibanggakan. Berapa banyak salon yang menjanjikan rambut Anda bisa terlihat selalu sehat dan berkilau. Tapi tentu tidak setiap hari Anda bisa ke salon untuk tampil cantik.

Ada alasan mengapa rambut Anda akan terasa "mengeriting" atau frizz ketika Anda berada di luar ruang dan cuaca yang panas. Selain tubuh Anda berkeringat dan Anda merasa tak nyaman, sama hal yang dirasakan oleh rambut Anda juga. 

Katherine Louie, seorang penulis lifestyle mengatakan, "Ada alasan mengapa rambut Anda begitu benci cuaca panas dan membuatnya mengeriting dan Anda merasa bad hair day."


Lebih jauh Louie menjelaskan bahwa setiap untaian rambut Anda terdiri dari keratin protein yang panjang. Dan protein tersebut tertarik pada hidrogen dalam molekul air dan membentuk ikatan hidrogen.

Ikatan ini membuat rambut Anda sementara lemah. Ini makanya rambut Anda mudah rontok saat basah. Dan hal ini terjadi setiap kali ketika rambut Anda basah.

Dan secara ajaib, Louie memaparkan bahwa rambut Anda ternyata bisa membedakan mana lembap dari air keran dan dari atmosfer. Di hari yang lembap di mana banyak air di udara, keratin tersebut membentuk ikatan hidrogen yang sama. 
 
(Baca juga: Salah Potong Rambut? Perbaiki dengan 5 Cara Ini)


(Ada alasan mengapa rambut Anda akan terasa "mengeriting" atau frizz ketika Anda berada di luar ruang dan cuaca yang panas. Selain tubuh Anda berkeringat dan Anda merasa tak nyaman, sama hal yang dirasakan oleh rambut Anda juga. Foto: Megan Lewis/Unsplash.com)

"Terkadang dua keratin protein melekat satu sama lain dan menyebabkan perlekatan satu untai rambut dengan untaian rambut lainnya," jelas Louie. Tentu ini jadi masalah untuk si rambut panjang. Di mana banyak untaian rambut saling menyatu dan secara acak mereka (rambut-rambut) bisa berlipat-lipat dan menyebabkan keriting," tukas Louie.

Walau tentu bagi wanita ini kenyataan yang menyebalkan, tapi Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengantisipasi cuaca yang tak bersahabat tersebut.

1. Anda bisa membeli produk rambut yang menutup kutikula sehingga rambut Anda terjaga dari udara lembap yang bisa membuat rambut Anda mengeriting.

2. Lakukan spray anti-lembap pada rambut Anda. Beberapa brand khusus rambut menyediakannya. "Aplikasikan ke rambut Anda sebelum Anda keluar rumah. Beberapa tetes bisa menahan rambut Anda dari lembap dan memproteksi kerusakan rambut," saran Louie.

3. Bawa proteksi anti-frizz. Lakukan sebelum rambut Anda terkena sinar matahari. Kuncinya membuat rambut Anda sehat dari akar hingga ujung rambut. "Membawa (anti-frizz) yang siap untuk dipakai ke mana pun tujuan Anda, membuat rambut Anda bisa lebih sehat dan bisa menambah kepercayaan diri Anda," pesan Louie.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id