Jerawat juga dapat terjadi karena dermatitis. Itu terjadi akibat iritasi gesekan pakaian, diperburuk oleh keringat. (Foto Ilustrasi: Freestocks/unsplash.com)
Jerawat juga dapat terjadi karena dermatitis. Itu terjadi akibat iritasi gesekan pakaian, diperburuk oleh keringat. (Foto Ilustrasi: Freestocks/unsplash.com)

Cara Menghilangkan Jerawat di Dada

Rona jerawat
Raka Lestari • 08 Januari 2019 08:11
Jakarta: Memiliki jerawat di muka tentunya sangat menyebalkan, namun memiliki jerawat di sekitar dada juga sama menyebalkannya. Meskipun memang, jerawat di sekitar dada jarang sekali terjadi dibandingkan dengan jerawat di wajah atau punggung.
 
"Dada adalah tempat yang sangat umum untuk jerawat terbentuk. Sama seperti di wajah, bahu, atau punggung kita, kelenjar sebaceous dada bisa menjadi kelebihan beban dengan minyak, menyebabkan pori-pori tersumbat, yang menyebabkan peradangan. dan pembentukan jerawat atau whiteheads," kata dokter kulit Marnie Nussbaum, MD.
 
Sementara itu Dendy Engelman, M.D, seorang ahli kulit asal New York mengatakan kalau jerawat juga dapat terjadi karena dermatitis. Itu terjadi akibat iritasi gesekan pakaian, diperburuk oleh keringat. Apalagi jika Anda rentan terhadap keringat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menghilangkan atau paling tidak mengantisipasi jerawat di dada, berikut caranya berdasarkan Women's Health:
 
1. Segera Ganti Baju yang Terkena Keringat
Anda juga harus langsung mengganti pakaian yang terkena keringat segera setelah Anda berolahraga dan mandi secepatnya untuk mencegah pori-pori tersumbat. Jika Anda tidak dapat segera mandi, sebisa mungkin ganti dan bersihkan bagian dada dengan kain basah atau kering.
 
2. Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur
Menurut Nussbaum, melakukan pengangkatan sel-sel kulit mati di sekitar dada sama pentingnya dengan melakukan pengangkatan sel kulit mati di wajah. Pengelupasan kulit satu hingga dua kali seminggu akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat.
 
3. Coba Sabun yang Mengandung Benzoil Peroksida
Benzoil peroksida adalah bahan yang bagus untuk jerawat di dada. Sebab tidak hanya membunuh bakteri yang hidup di pori-pori tetapi juga membantu menghilangkan sumbatannya.
 
Disarankan untuk mulai memilih sabun dengan konsentrasi benzoil peroksida sekitar 4-5 persen, dan beralih ke formula yang lebih kuat jika kulit Anda tidak teriritasi dan jerawat Anda belum hilang.
 
4. Periksa Deterjen Anda
Mungkin saja Anda alergi terhadap bahan kimia atau aroma tertentu dalam deterjen. Maka gunakan deterjen bebas pewarna, bebas pewangi dan pelembut kain. Seringkali aroma dan pewarna yang menyebabkan masalah. Yang sulit adalah mayoritas deterjen dan pelembut pakaian mengandung pewangi, bahkan beberapa deterjen untuk bayi.
 
5. Konsumsi Vitamin
Mendapatkan nutrisi untuk tubuh memang paling baik yang berasal langsung dari makanan. Tetapi jika Anda tidak ingin mengubah diet, mungkin ada baiknya Anda mencari multivitamin. Zinc dalam vitamin mengurangi peradangan kulit sementara vitamin E yang dapat membantu menyembuhkan kulit Anda.
 
Tips Atasi Kulit Kering

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif