Rasa kaku di leher merupakan salah satu hal yang cukup sering dialami oleh banyak orang. (Ilustrasi/Pexels).
Rasa kaku di leher merupakan salah satu hal yang cukup sering dialami oleh banyak orang. (Ilustrasi/Pexels).

Cara Mengatasi Kaku di Leher

Rona nyeri leher
Raka Lestari • 29 November 2019 16:09
Jakarta: Rasa kaku di leher merupakan salah satu hal yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Perasaan kaku di leher tersebut biasanya terjadi pada pagi hari setelah Anda bangun tidur. Jika tidak segera ditangani, rasa kaku di leher tersebut bisa sangat mengganggu dan sebaiknya segera diatasi.
 
Tidak perlu sesuatu yang rumit, Anda bisa mengatasi kaku di leher dengan bahan-bahan yang ada di rumah.
 
Berikut ini adalah beberapa bahan di rumah yang bisa mengatasi kaku di leher, seperti dilansir thehealthy:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Memijat leher dengan lembut
 
Shelly Coffman, ahli terapi fisik di 360° Sports Medicine and Spine Therapy merekomendasikan untuk berbaring di permukaan yang rata dengan handuk gulung atau bola pantai yang digembungkan sebagian di belakang leher Anda. Putar kepala Anda perlahan-lahan dan mengangguk-anggukkan kepala selama 20 kali sebanyak dua hingga tiga kali sehari.
 
Gunakan kompres air hangat dan dingin
 
Menggunakan kompres air hangat dan dingin secara bergantian dapat membantu leher Anda yang kaku dengan mengendurkan otot dan membawa darah segar ke bagian yang sakit, kata Coffman. Menggunakan kompres air dingin dan hangat selain menghilangkan rasa sakit juga bisa mengurangi peradangan.
 
Berendam 
 
Berendam dengan menggunakan Epsom salt bisa juga mengurangi leher yang kaku. Air hangat dari bak mandi membantu merilekskan dan menyejukkan otot, sedangkan magnesium dan sulfat dalam garam membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah dan oksigenasi, menurut Cleveland Clinic Foundation.
 
Berjalan kaki
 
Ketika leher terasa kaku, mungkin Anda cenderung tidak ingin bergerak. Akan tetapi melakukan olahraga jenis los impact seperti berjalan kaki dapat membantu mengatasi leher yang kaku.
 
“Olahraga membantu menyebarkan oksigen melalui seluruh jaringan lunak, termasuk tulang belakang yang dapat membantu proses penyembuhan ketika mengalami leher kaku. Ketika Anda sakit, melakukan sedikit olahraga adalah cara terbaik,” ujar Coffman.
 
Ubah kebiasaan tidur
 
Untuk menghindari sakit leher di pagi hari, yang terbaik adalah tidur dengan posisi miring atau terlentang dan jangan pernah tengkurap. Tidur dengan posisi tengkurap dapat membuat Anda harus memutar kepala dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat mengganggu leher ketika Anda terbangun.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif