Alasan utama para ahli gizi tidak menyarankan makanan cepat saji karena mengandung banyak lemak trans. (Foto: Pexels.com)
Alasan utama para ahli gizi tidak menyarankan makanan cepat saji karena mengandung banyak lemak trans. (Foto: Pexels.com)

10 Makanan Pembunuh Testosteron

Rona kesehatan reproduksi
Anda Nurlaila • 28 Juni 2019 14:56
Hormon testosteron adalah hormon seks steroid yang utama pada pria. Fungsi hormon testosteron antara lain untuk produksi sperma pada masa kehidupan dewasa. Tapi ada beberapa jenis makanan yang memiliki efek menurunkan kadar testosteron dalam tubuh, misalnya makanan yang mengandung minyak nabati. Para ahli menyebutkan bahwa minyak nabati terhidrasi sebagian yang menurunkan kadar testosteron.
 

 
Jakarta: Dikenal sebagai hormon pria, testosteron sebenarnya penting bagi kesejahteraan pria dan wanita. Hormon ini memengaruhi libido di kedua jenis kelamin. Hormon testosteron pada wanita lebih rendah dibandingkan pria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faktor usia dan lingkungan merupakan dua penyebab utama penurunan kadar testosteron. Namun, ada beberapa jenis makanan yang memiliki efek menurunkan kadar testosteron dalam tubuh. HGH memuat daftar makanan yang menurunkan testosteron di antaranya, yaitu:

1. Makanan rendah karbohidrat

Diet seimbang sangat penting untuk meningkatkan testosteron. Pastikan tubuh menerima asupan karbohidrat sehat berkualitas tinggi, serta lemak sehat yang cukup jika ingin meningkatkan kadar testosteron. Makanan dengan kandungan karbohidrat rendah membuat hormon stres kortisol menurunkan kadar testosteron Anda.

2. Biji rami

Ahli gizi merekomendasikan biji rami karena mengandung lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah penyakit seperti diabetes, radang sendi, dan penyakit jantung. Namun, pria sebaiknya menghindari biji rami karena jika berlebihan akan mengurangi kadar testosteron dan mengacaukan kehidupan seks Anda.

3. Licorice

Licorice dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti sirup, permen, dan ekstrak licorice. Sementara penelitian telah menunjukkan bahwa zat memberi beberapa manfaat kesehatan, lebih bijaksana untuk menghindarinya karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

4. Soda diet

"Soda diet sering dipilih daripada soda biasa untuk mencegah kondisi seperti diabetes. Tapi, opsi terbaik adalah menghindari semua jenis soda. Soda maupun soda diet menggunakan aspartam sebagai pemanis rendah kalori," ujar sumber yang sama.
 
10 Makanan Pembunuh Testosteron
(Alasan utama para ahli gizi tidak menyarankan makanan cepat saji karena mengandung banyak lemak trans. Foto: Pexels.com)

5. Lemak trans

Makanan cepat saji mulai dari burger, kentang goreng, keripik kentang, kue, muffin, dan nugget gampang ditemui. Disebutkan dalam laman yang sama, hampir semua makanan ini menggunakan minyak nabati terhidrasi sebagian yang menurunkan kadar testosteron. Alasan utama para ahli gizi tidak menyarankan makanan cepat saji karena mengandung banyak lemak trans.

5. Alkohol

Alkohol bagi sebagian orang mungkin meningkatkan rasa percaya diri, tapi juga mengurangi kinerja seks karena menurunkan testosteron.

6. Daging kualitas rendah

Jangan berpikir kadar testosteron akan lebih tinggi daripada para vegetarian karena Anda lebih sering makan daging. Daging kualitas rendah seperti daging dalam kemasan dan daging olahan akan membuat tingkat testosteron menurun karena mengandung pengawet, hormon dan antibiotik tinggi. Bahan-bahan tambahan ini akan mengacaukan tingkat testosteron. Sebaliknya, pilihlah daging segar sebagai bahan makanan.

7. Buah bit

Asupan makanan manis ini sebelum latihan fisik dapat meningkatkan fungsi otot, tapi juga menyebabkan penurunan kemampuan seksual. Konsumsi sayuran bit mendukung kadar estrogen tapi menjadikannya sebagai salah satu makanan terburuk yang membunuh testosteron.

8. Popcorn microwave

Menikmati popcorn sambil menonton film dapat adalah pemicu seks yang baik. Tapi popcorn microwave adalah pilihan buruk karena mengandung bahan kimia seperti asam perfluorooctanoic yang ditemukan dalam lapisan tas. Zat ini menurunkan kadar testosteron dan menyebabkan dorongan seks rendah. Penumpukan asam perfluorooctanoic dalam jangka panjang menyebabkan masalah prostat.

9. Mint

Kesegaran saat mengunyah permen karet beraroma mint memang menyenangkan. Tetapi penelitian yang sudah berlangsung beberapa dekade menunjukkan mint adalah satu di antara makanan penyebab kadar testosteron rendah. Mint menekan produksi testosteron alami dan mengurangi kadar testosteron.

10. Gula

Makanan manis ini ada di mana-mana, bahkan dalam camilan yang terasa asin seperti keripik kentang. Gula meningkatkan kadar insulin, dan menjadikannya salah satu makanan yang perlu dihindari karena menurunkan testosteron.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif