Camilan sehat memiliki banyak manfaat, khususnya mencegah kenaikan berat badan. (Foto: Shutterstock)
Camilan sehat memiliki banyak manfaat, khususnya mencegah kenaikan berat badan. (Foto: Shutterstock)

Menurunkan Berat Badan dengan Camilan Sehat yang Rasanya Enak

Rona kalbe nutritionals
Gervin Nathaniel Purba • 03 Desember 2019 07:00
Jakarta: Orang lebih senang makan camilan berupa gorengan, keripik, permen, daripada menyantap camilan sehat. Padahal, camilan sehat memiliki banyak manfaat, khususnya mencegah kenaikan berat badan.
 
Mengonsumsi camilan sehat setelah jam sarapan bermanfaat untuk mengganjal lapar hingga tiba jam makan siang. Ketika jam makan siang, mengonsumsi makanan jadi tidak terlalu banyak.
 
Camilan sehat juga menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kebugaran. Tantangannya saat ini ialah seberapa sering camilan sehat dapat Anda konsumsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Memang agak sulit, karena tidak selalu setiap hari kita dapat menemukan camilan sehat. Ada beberapa alternatif Anda dapat dengan mudah membuat camilan sehat.
 
1. Kacang-kacangan
 
Berbagai jenis kacang (kacang tanah, kacang almond, jambu mete, dan lain sebagainya) merupakan camilan bergizi yang memiliki manfaat menurunkan risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.
 
2. Pisang Rebus
 
Pisang rebus ukuran sedang memiliki kurang dari 100 kalori dan hanya mengandung sekitar 20 gram karbohidrat. Pisang adalah sumber potasium, serat, dan vitamin C.
 
3. Telur Rebus
 
Sebutir telur rebus mengandung sekitar lima gram protein. Telur rebus juga mengandung leusin dan asam amino.
 
4. Susu Whey Protein
 
Satu sendok susu whey protein mengandung antara 20 gram hingga 30 gram protein. Cukup campur dengan air dan aduk dalam gelas atau campur dalam botol pengocok.
 
5. Secangkir Yoghurt Yunani
 
Kalsium, kalium, dan protein merupakan beberapa nutrisi yang terdapat dalam secangkir yoghurt Yunani. Sebelum membeli, periksa dahulu label nutrisi. Pilih yoghurt yang rendah gula.
 
6. Apel
 
Apel kaya akan antioksidan dan serat makanan. Mengonsumsi apel telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit. Termasuk diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.
 
7. Ubi Rebus
 
Makanan ini kerap diabaikan. Padahal, ubi jalar mengandung zat besi, kalsium, selenium, vitamin B, dan C. Ubi jalar juga mengandung beta karoten yang tinggi.
 
Bila Anda malas repot menyiapkan camilan sehat, Anda bisa makan camilan sehat yang enak dan praktis Fitbar.
 
Fitbar hadir dengan multigrain yang terdiri atas oat, whole wheat, dan quinoa. Multigrain membuat tubuh mendapatkan manfaat serat larut yakni melunakkan tinja sehingga mempelancar BAB.
 
Serat larut juga mengatur kadar gula darah dan mencegah sakit jantung dengan menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya adalah meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus.
 
Serat larut pun membuat rasa kenyang lebih lama yang akan membantu Anda dalam menjaga berat badan. Multigrain bar dari Fitbar yang kaya serat memiliki hanya 90 kkal/saji, menjadikan Fitbar dikenal sebagai cemilan rendah kalori.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif