Benarkah Madu Ampuh Mengobati Pilek dan Batuk pada Anak?
Studi lain yang dipublikasi dalam jurnal Canadian Family Physician juga mendukung penggunaan madu untuk mengobati batuk dan pilek. Namun bukan untuk anak usia di bawah satu tahun. (Foto: Calum Lewis/Unsplash.com)
Jakarta: Sebelum memutuskan pergi ke dokter, tak sedikit orang tua yang mencoba bahan alami untuk meredakan atau menyembuhkan sakit pada si kecil. 

Misalnya, menggunakan madu untuk penyakit batuk atau pilek. Seberapa ampuhkah bahan alami yang satu ini?

Sebuah studi tahun 2016 yang dipublikasi dalam jurnal Paediatric Child Health menunjukkan bahwa menggunakan madu sebagai obat lebih baik daripada tidak sama sekali. 


Meski studi tersebut tak bisa menemukan efek madu pada durasi batuk, bahan alami tersebut dipercaya dapat mencegah pertumbuhan bakteri, virus dan jamur, serta menurunkan peradangan. Dilansir dari laman Thehealthsite.com, madu juga memiliki efek menyejukkan tenggorokan dan mengandung antioksidan.

Studi lain yang dipublikasi dalam jurnal Canadian Family Physician juga mendukung penggunaan madu untuk mengobati batuk dan pilek. Satu dosis madu dapat mengurangi sekresi lendir dan mengurangi batuk pada anak-anak.

Studi yang mencampurkan 500 ml air (baik tawar maupun berasa) dengan madu pada 25 pria sehat tersebut menunjukkan bahwa madu menimbulkan efek demulen yang baik dan sifat antioksidan. Selain itu, madu juga meningkatkan pelepasan sitokin yang memiliki efek antimikroba. 


(Studi yang mencampurkan 500 ml air (baik tawar maupun berasa) dengan madu pada 25 pria sehat tersebut menunjukkan bahwa madu menimbulkan efek demulen yang baik dan sifat antioksidan. Foto: Amelia Bartlett/Unsplash.com)

(Baca juga: Lima Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Madu Manuka)

Studi tersebut juga menyimpulkan bahwa pemberian dosis tunggal 2,5 ml madu sebelum tidur untuk anak-anak berusia lebih dari 1 tahun dengan gangguan batuk dapat membuat si kecil merasa baikan. 

Namun, madu bukanlah obat yang disarankan untuk bayi. Ada laporan kasus botulisme karena gangguan pencernaan pada bayi.

Namun, benarkah madu sehebat itu dalam menyembuhkan gangguan ringan batuk dan pilek?

"Madu dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati batuk musiman (dan bukan kondisi kronis) ketika digunakan dalam kombinasi dengan rempah-rempah atau herbal lain untuk mendapatkan hasil terbaik," terang Dhvani Shah, ahli naturopath dan ahli gizi olahraga.

Ia menambahkan, kombinasi jahe dan madu juga dapat membantu mengobati batuk kering. Sementara campuran madu dan sejumput kunyit dapat memberi kelegaan pada penderita batuk dahak atau lendir. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id