Cara Membersihkan Kolam Renang Tiup
Kolam renang tiup ini bisa menjadi salah satu tempat yang penuh dengan bakteri jika Anda tidak membersihkannya dengan baik. (Foto: Courtesy of illustrissima/Fotolia)
Jakarta: Kolam renang tiup bisa dijadikan salah satu pilihan untuk bermain bersama anak-anak, terutama di musim liburan seperti sekarang. Namun sebagai orang tua, Anda perlu memahami bagaimana cara membersihkan kolam renang tiup tersebut dengan benar agar menjaga anak-anak Anda tetap aman.

Kolam renang tiup ini bisa menjadi salah satu tempat yang penuh dengan bakteri jika Anda tidak membersihkannya dengan baik. Dikutip dari Romper, kolam renang tiup bisa menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis bakteri jahat, seperti bakteri E.coli hingga Shigella. 

Air kolam yang kotor dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari sakit perut hingga mata merah. Tentunya Anda tidak ingin anak-anak mengalaminya ketika sedang bermain. Namun bukan berarti Anda harus membuang kolam renang tiup Anda, ada beberapa cara mudah untuk membersihkan kolam renang tiup Anda.


(Baca juga: Manfaat Berenang Untuk Bayi)


(Membuang air kolam sangatlah penting. Untuk kebersihan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan sarung tangan karet kemudian membersihkan seluruh bagian kolam renang tiup dengan larutan pemutih atau sabun cuci piring. Foto: Courtesy of YouTube)

Pertama, sangat penting untuk membuang air yang berada di dalam kolam renang tiup setelah selesai dimainkan oleh anak-anak Anda. Pada dasarnya, air kolam bersifat stagnan sehingga jika dibiarkan berhari-hari kuman atau bakteri yang ada di sana akan tetap berada di kolam renang. 

Membuang air kolam sangatlah penting. Untuk kebersihan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan sarung tangan karet kemudian membersihkan seluruh bagian kolam renang tiup dengan larutan pemutih atau sabun cuci piring. Setelah itu, bilas dengan air bersih sampai tidak ada sisa-sisa sabun yang menempel.

Setelah dibilas, keringkan kolam renang tiup sampai kering sempurna. Anda juga bisa mempercepat pengeringan dengan mengelapnya dengan handuk yang tidak terpakai. 

Pastikan kolam renang benar-benar kering agar dapat mencegah pertumbuhan lumut yang bisa membuat dasar kolam renang tiup menjadi licin dan bisa membuat anak-anak tergelincir ketika sedang bermain di atasnya.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id