Atta Halilintar selaku Content Creator dari channelnya di YouTube mengakui kondisi maraknya sosial dan dunia maya soal pemilu 2019 bisa disikapi. (Foto: Dok. Medcom.id/Natalie)
Atta Halilintar selaku Content Creator dari channelnya di YouTube mengakui kondisi maraknya sosial dan dunia maya soal pemilu 2019 bisa disikapi. (Foto: Dok. Medcom.id/Natalie)

Cara Atta Halilintar Hadapi Panasnya Kompetisi Pemilihan Presiden

Rona Atta Halilintar
Sunnaholomi Halakrispen • 18 April 2019 17:26
Atta Halilintar selaku Content Creator dari channelnya di YouTube mengakui kondisi maraknya sosial dan dunia maya soal pemilu 2019 bisa disikapi. Fokusnya perhatikan informasi yang didapat. Tidak ditelan mentah-mentah, dan lakukan klarifikasi, jangan langsung dishare di sosial media.
 

 
Jakarta:
Masa kompetisi pemilihan presiden (pilpres) 2019 kerap memanas di tengah masyarakat. Terlebih, dengan pesatnya penggunaan media sosial maka semakin mudah pula masyarakat meluapkan emosinya secara langsung kepada khalayak luas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Informasi terkait pilpres yang tersebar di media sosial beragam namun belum dapat dipertanggung jawabkan kredibilitas atau faktanya. Netizen, sebutan masyarakat yang aktif di media sosial pun tak segan menyampaikan pendapatnya bahkan kekesalan apabila amarahnya terpancing.
 
Berkaca dari suasana tersebut, Atta Halilintar selaku Content Creator dari channelnya di YouTube mengakui kondisi yang memprihatinkan itu. Khususnya, soal banyaknya berita bohong atau hoax yang kian hari semakin marak.
 
"Hoax itu sekarang udah jadi habitat di negara kita. Apa saja gampang tersebar. Entah itu benar atau enggak pasti dimakan saja sama publik tanpa melihat-lihat dahulu," kata Atta kepada Medcom.id di sela special event Pemilu Bahagia, di Studio 3 MetroTV, Jakarta Barat, Rabu, 17 April 2019.
 
Peristiwa yang biasanya terjadi, mungkin masyarakat sempat terpengaruh, padahal belum ada klarifikasi. Akan tetapi, karena orang sudah beropini, akan ada orang yang berperan menghakimi.
 
Cara Atta Halilintar Hadapi Panasnya Kompetisi Pemilihan Presiden
(Atta Halilintar selaku Content Creator dari channelnya di YouTube mengakui kondisi maraknya sosial dan dunia maya soal pemilu 2019 bisa disikapi. Foto: Dok. Medcom.id/Wijokongko)
 
(Baca juga: Strategi Atta Halilintar Godok Konten Viral YouTube)
 
Selanjutnya, opini itu disebar hingga semua orang menganggap apa yang mereka dengar itu sebagai suatu hal yang benar. Padahal, hal itu bukanlah kebenarannya.
 
Anak pertama dari 11 bersaudara itu mencurahkan apa yang dilakukannya dalam menghadapi panasnya kompetisi pilpres kali ini. Fokusnya, perhatikan informasi yang didapat.
 
Contohnya, ketika mendapatkan suatu berita tentang seseorang atau apapun, jangan telan mentah-mentah. Lebih baik lakukan klarifikasi, jangan langsung dishare di sosial media.
 
"Satu kejahatan akan diingat dibandingkan 1.000 prestasi. Itu yang harus diubah dari negara kita ya, kapan maju kalau kerjanya ngomongin hoax, gosip, siapa yang patut kita jelekin ya kita jelekin. Jadi gampang banget netizen menyakiti orang dengan jarinya," tuturnya.
 
Atta berharap kedamaian bisa tetap menyelimuti bangsa Indonesia. Pertarungan politik tak ia pusingkan, karena siapapun yang terpilih sebagai presiden Indonesia periode pada selanjutnya diharapkan sudah menjadi keputusan yang terbaik.
 
"Tapi sekarang aku lihat pemerintah sudah semakin baik. Ada UU ITE sampai pencemaran nama baik dari online saja sudah ada hukumnya sekarang. Katanya bahkan hoax ada hukumnya juga tapi aku enggak tahu sih. Aku mengharapkan yang terbaik saja untuk perkembangan sosmed kita," tutup dia.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif