Apa yang Harus Dilakukan jika Bayi Anda Disengat Lebah?

Dhaifurrakhman Abas 07 November 2018 13:15 WIB
tips & trik
Apa yang Harus Dilakukan jika Bayi Anda Disengat Lebah?
Berikut empat efek sengatan lebah yang membutuhkan penanganan medis lebih lanjut. (Foto: Lukas Blazek/Unsplash.com)
Jakarta: Ekor penyengat lebah bekerja layaknya pompa otomatis. Semakin dalam Ia menancap di kulit manusia, semakin banyak pula racun tersebut menyebar dalam tubuh.

Jika bayi Anda tersengat, keluarkan ekor penyengat itu segera mungkin. Tapi, mengeluarkannya dari tubuh tidak boleh asal saja. Lantas bagaimana caranya?

Pertama, identifikasi dulu letak sengatan ekor penyengat. Jika sudah menancap di kulit, biasanya terlihat di antara kulit yang memerah. Bentuknya semacam bintik hitam di area kulit yang tersengat.


Apabila sudah menemukannya, segera keluarkan mengunakan alat-alat di sekitar Anda yang berbentuk pipih. Contoh mudahnya, menggunakan ujung kartu debit yang biasa terselip di dompet Anda.

Keluarkan perlahan. Jangan sampai meremas area kulit yang masih dihinggapi ekor penyengat. Itu bisa menyebabkan racun semakin menyebar dalam tubuh.


(Jika bayi Anda tersengat, keluarkan ekor penyengat itu segera mungkin. Tapi, mengeluarkannya dari tubuh tidak boleh asal saja. Foto: Ilustrasi. Dok. Arwan Sutanto/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Agar Kulit Bayi Tidak Mudah Iritasi)

Ketika ekor penyengat sudah berhasil dikeluarkan dari tubuh, segera cuci tangan buah hati Anda menggunakan air dan sabun. Lalu kompres dengan es batu selama 15 menit untuk mencegah kulit bengkak, pun, es batu berguna untuk meredakan rasa sakit.

Apabila tidak menemukan es batu, Anda bisa memanfaatkan sayuran atau daging segar yang tersedia di dalam kulkas. Jangan lupa, cuci dahulu, lalu bungkus dengan plastik atau kain agar tak langsung menyentuh kulit bayi.

Jika hal ini dilakukan dengan benar, biasanya rasa sakit akibat sengatan bisa hilang dalam beberapa jam. Sementara pembengkakan kulit akan hilang dalam semalam hingga dua hari.

Tapi apabila bayi Anda tetap merasakan rasa sakit dan tak nyaman, segera hubungi dokter. Biasanya dokter akan menyarankan mengonsumsi obat antihistamine maupun infant acetaminophen.

Dalam beberapa kasus, sengatan lebah bisa menimbulkan efek buruk pada tubuh bayi. Berikut empat efek sengatan lebah yang membutuhkan penanganan medis lebih lanjut:

1.      Ruam kulit
2.      Sesak napas
3.      Kelelahan
4.      Pingsan





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id