ilustrasi--Pexels
ilustrasi--Pexels

Ketika Terlalu Bergantung pada Pasangan

Rona tips keluarga
Dhaifurrakhman Abas • 06 Juli 2019 14:16
Pernikahan bukan berarti Anda melupakan keluarga atau teman. Setelah menikah, Anda harus merawat hubungan dengan keluarga dan teman.
 
 
Jakarta: Waktu kecil dulu, rasanya kehadiran orangtua, saudara dan teman-teman adalah hal yang penting. Ketika senang, maupun duka, mereka selalu menjadi tempat yang tepat untuk berlabuh dan berbagi suka maupun duka bersama.
 
Tapi hal ini sedikit berbeda ketika Anda sudah menjalani pernikahan. Anda mungkin akan disibukkan dengan urusan rumah tangga. Suka duka pun kini hanya dijalankan berdua bersama pasangan tercinta. Keterlibatan orang lain menjadi berkurang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ya, ini mungkin merupakan hal lumrah dalam sebuah hubungan rumah tangga. Anda merasa sudah mandiri dan berjanji akan menghadapi segala hal, baik suka dan duka bersama-sama,pasangan Anda.
 
Meski begitu, seperti dilansir Times of India, ada baiknya Anda tetap menjaga hubungan baik dengan saudara, orang tua maupun teman yang dulu selalu ada di sisi Anda. Sebab jika hanya menjalani hari-hari Anda bersama pasangan, tanpa disadari hubungan sosial Anda dengan orang lain bisa berakhir seperti berikut.
 
1. Kehilangan ikatan dengan keluarga dan teman
 
Menganggap kehidupan hanya milik berdua, bisa merusak hubungan sosial dan ikatan Anda dengan keluarga dan teman. Bayangkan, ketika pasangan Anda sedang sibuk bekerja di perantauan, mungkin Anda akan membutuhkan kembali teman dan keluarga yang dulu selalu mendampingi Anda.
 
2. Ketergantungan pada rencana pasangan
 
Menjalani hubungan hanya berdua dengan pasangan, bisa memengaruhi Anda dalam Anda menjadi tergantung pada pasangan Anda untuk setiap hal kecil.
 
3. Mencari validasi
 
Anda mungkin akan menganggap pasangan menjadi satu-satunya sumber kebahagiaan ketika menjalani hidup berdua. Secara tidak sadar, Anda memaksa pasangan merasakan hal yang serupa. Lantaran Anda menuntut pasangan hanya bisa bahagia bersama Anda.
 
4. Menempatkan kebutuhan pasangan di atas kebutuhan Anda
 
Adalah penting untuk menjadi orang yang empatik dan menjaga kebutuhan pasangan. Namun, penting juga untuk diingat bahwa suatu hubungan adalah jalan dua arah. Anda mungkin akan kecewa ketika Anda merasa pasangan tidak berusaha sekeras yang Anda lakukan untuk memhuat anda bahagia.
 
5. Posesif
 
Menjalani hidup hanya berdua, rentan membuat hubungan posesif. Anda merasa tidak aman dan cemburu jika pasangan Anda menghabiskan waktu bersama orang lain. Bahkan, ini akan membuat Anda cenderung cemas jika memiliki sedikit argumen atau perbedaan pendapat dengan pasangan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif