Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Enam Hal yang Tidak Perlu Anda Korbankan dalam Pacaran

Rona tips keluarga
Kumara Anggita • 06 Juni 2019 11:50
Jakarta: Ketika jatuh cinta, kadang Anda akan menjadi buta dan siap melakukan apa pun untuk bersamanya. Mungkin ini romantis, mungkin juga ini merugikan.
 
Namun ada beberapa hal yang baiknya Anda tidak perlu korbankan. Karena ini akan mengantarkan Anda pada ketidakbahagiaan.
 
Berikut enam hal yang tidak perlu Anda korbankan dalam pacaran yang dilansir dari Elite Daily

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cita-cita
 
Jika Anda berpacaran dengan seseorang yang tidak ingin Anda mengejar impian dan mencapai tujuan Anda, ini artinya Anda berada dalam hubungan yang salah. Satu-satunya orang yang dapat membuat keputusan tentang tujuan hidup Anda adalah Anda, dan Anda sama sekali tidak pantas bersama seseorang yang berpikir sebaliknya. Dan jika Anda dan pasangan memiliki tujuan yang berbeda dan mengejar hal-hal yang mungkin membawa Anda ke tempat yang berbeda namun Anda ingin tetap bersama, setidaknya Anda berdua kompromi. Dalam situasi itu pun, tetap tidak ada alasan untuk  melepaskan impian Anda.
 
Kemandirian
 
Bersama dengan orang lain artinya Anda juga mempertimbangkanmua dalam mengambil keputusan. Namun, ini bukan berarti Anda memberi semua privasi Anda padanya dan tentunya kemandirian Anda. Perlu diingat bahwa ada hal lain yang bisa Anda lakukan di luar hubungan percintaan itu. Ini bahkan berlaku juga pada kehidupan pernikahan.
 
Pertemanan
 
Waktu yang dimiliki orang terbatas dan terkadang berada dalam suatu hubungan mungkin berarti waktu besama teman-teman jadi berkurang. Ini tidak masalah jika Anda masih bisa menemukan cara untuk memprioritaskan persahabatan Anda. Masalah ketika saat pacar membuat Anda merasa buruk menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga. Dalam hubungan yang sehat, pasangan akan percaya dengan Anda dan tidak akan memaksa Anda untuk mengorbankan hal yang Anda sayangi.
 
Kesadaran diri
 
Pengalaman membuat Anda berubah. Namun, bukan berarti Anda kehilangan kesadaran. Ini berlaku ketika Anda dalam suatu hubungan. Kadang orang suka mengubah dirinya untuk diterima dan disukai dengan pasangannya padahal itu bertentangan dengannya. Dan jika Anda jadi lupa siapa diri Anda sebelumnya. Ini artinya Anda berada dalam hubungan yang salah. Jangan mengubah identitas Anda untuk siapa pun.
 
Hobi dan ketertarikan
 
Saat cinta itu ada, rasanya ingin melakukan apa saja yang penting bersamanya. Jadi ini wajar ketika hobi Anda jadi beralih ke kencan malam. Yang perlu Anda waspadai adalah ketika pasangan menuntut seluruh waktu luang Anda hanya untuknya semata. Tak hanya itu, jika pasangan membuat Anda merasa tidak enak saat menjalankan hobi Anda maka ini sama buruknya.Anda pantas bersama seseorang yang mendukung Anda sepenuhnya dan ingin Anda melakukan hal-hal yang Anda sukai bahkan jika  secara pribadi dia pun tidak tertarik.
 
Kesehatan dan kebahagiaan
 
Jika pasangan Anda atau hubungan Anda merusak kesehatan mental Anda, menyakiti Anda dengan cara apa pun, atau membuat Anda percaya bahwa Anda tidak pantas bahagia, itu bukanlah hubungan yang harus Anda jalani. Tidak peduli seberapa kuat perasaan Anda untuk seseorang, atau berapa lama Anda telah bersama mereka jika mereka melakukan dan mengatakan hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan membuat Anda sedih maka tinggalkanlah. Coba diingat, jika Anda ingin menghabiskan sisa hidup Anda dengan seseorang, tidakkah Anda harus merasa lebih seperti diri sendiri ketika Anda bersama mereka? Apa pun yang terjadi, Anda layak untuk jatuh cinta dengan seseorang yang membangun Anda, bukan orang yang menghancurkan Anda dan mengharapkan Anda untuk mengorbankan kepentingan Anda dan kemandirian Anda untuk mereka.
 
Cinta boleh dalam tapi jangan sampai lupa untuk mencintai diri Anda sepenuhnya terlebih dahulu.
 

 
 
 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif