Menjadi guru TK penuh tantangan dan dinamika. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Menjadi guru TK penuh tantangan dan dinamika. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

8 Taktik untuk Guru TK agar Anak Cepat Beradaptasi

Rona Tips di hari pertama sekolah
Anda Nurlaila • 17 Juli 2019 14:47
Menjadi guru TK penuh tantangan dan dinamika. Jika ada hal yang tidak beres, tetap tenang. Saat sekolah berakhir, rencanakan menangani situasi dengan lebih baik di lain waktu.
 

 
Jakarta: Hari-hari pertama saat masuk taman kanak-kanak penuh kesibukan bagi guru. Memelajari nama dan wajah siswa, orang tua, dan kepribadian puluhan siswa adalah sesuatu yang menantang.
Guru harus mengajarkan rutinitas sekolah sekaligus mengawasi anak-anak yang aktif dan bersemangat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski semua sudah dipersiapkan sebelumnya, praktiknya bisa berbeda. Edutopia menulis ada delapan hal yang perlu dimiliki seorang guru taman kanak-kanak.

1. Papan nama

Beberapa anak TK mungkin baru mengenal pengalaman sekolah. Pergi ke kamar mandi, duduk tenang di ruang kelas dan makan bersama siswa lain mungkin hal baru bagi mereka. Minta siswa mengenakan kartu nama dengan nama mereka untuk satu atau dua minggu pertama.
 
Selain membantu para guru dan staf pendukung lain mempelajari nama mereka, kartu nama memastikan keselamatan siswa selama masa transisi.

2. Persiapan makan siang

Jika sekolah menyediakan makan siang bagi TK, ketahui bagaimana setiap siswa akan makan siang. Cari tahu berapa banyak yang dibutuhkan siswa untuk makan siang. Miliki informasi ini sebelumnya sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan orang tua. Pastikan juga prosedur untuk mengumpulkan uang dan membayar makan siang.

3. Waktu pulang

Ketahui bagaimana siswa pulang. Apakah dijemput orang tua atau pengasuh. Pastikan para siswa dilepas ke wali atau pengasuh yang tepat. Ketahui informasi dengan berkomunikasi dengan masing-masing orang tua untuk mencari tahu apakah ada perubahan saat menjemput.
 
8 Taktik untuk Guru TK agar Anak Cepat Beradaptasi
(Selalu siapkan pensil warna cadangan di kelas bagi anak-anak, agar kegiatan belajarnya bisa berjalan lancar. Foto: Pexels.com)

4. Waktu transisi

Dua puluh anak TK tidak akan duduk diam di meja mereka atau berdiri dalam barisan sempurna di hari pertama maupun hari-hari setelahnya tanpa aktivitas terstruktur. Minimalkan waktu transisi sebanyak mungkin. Misalnya, begitu siswa siap dengan pensil warna mereka dapat langsung mewarnai secara mandiri. Anda dapat membantu siswa lain yang belum dapat menyesuaikan diri.

5. Selalu dalam barisan

Minta siswa berbaris saat antre untuk mencuci tangan sebelum makan atau melakukan aktivitas lain. Hentikan antrean sesering mungkin untuk memeriksa apakah tetap lurus dan siswa tetap tenang. Jika ada yang terlambat karena belum memakai sepatu minta siswa keluar dari barisan untuk memperbaikinya. Setelah selesai dia dapat ke tempatnya atau di bagian belakang.

6. Buat anak tetap sibuk

Kegiatan yang melibatkan seluruh siswa dapat mencakup kegiatan cerita atau gerak tubuh. Sementara kegiatan kelompok kecil harus disusun, sebagai contoh:
 
Perlihatkan kepada anak-anak cara membangun pola dengan balok, dan berikan contoh yang terlihat sehingga mereka akan tahu apa yang diharapkan.
 
Tunjukkan pada mereka cara mencocokkan huruf kecil dan besar. Untuk beberapa minggu pertama, siapkan poster yang menunjukkan huruf kecil dan besar.

7. Perilaku

Tunjukkan minat pada semua siswa Anda. Buat masing-masing anak merasa diinginkan. Jangan menganggap mereka tahu bagaimana melakukan sesuatu. Berikan arahan yang jelas, dan mintalah siswa menunjukkan kembali perilaku yang diharapkan untuk memastikan pemahaman.

8. Bersiaplah

Guru sekolah dasar diharapkan memiliki pensil, kertas, warna, kertas konstruksi dan lem, tetapi guru TK harus lebih siap dengan:
 
Pakaian ganti cadangan bagi siswa untuk berjaga-jaga jika seorang siswa mengalami kecelakaan dan tidak membawa cadangan.
 
-Beberapa perban non-lateks jika siswa memiliki alergi lateks
-Ikat pinggang jika siswa muncul tanpa celana yang pas
-Sebotol air besar untuk diri sendiri
-Bola lembut yang membantu menenangkan siswa yang gelisah
 
Menjadi guru TK penuh tantangan dan dinamika. Jika ada hal yang tidak beres, tetap tenang. Saat sekolah berakhir, rencanakan menangani situasi dengan lebih baik di lain waktu. Hari-hari pertama kadang butuh usaha yang lebih keras, tetapi tetap teguh, berkomitmen untuk mendapat hasil terbaik.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif