Foto Ilustrasi: Mentat Dgt/Pexels)
Foto Ilustrasi: Mentat Dgt/Pexels)

Reuni saat Ramadan Sudah jadi Tradisi

Rona tradisi ramadan
Sunnaholomi Halakrispen • 21 Mei 2019 17:16
Ramadan bisa menjadi pembangkit bagi sebagian orang untuk melakukan reuni. Entah untuk mereka yang telah lama tak bersua, atau mungkin sekadar nagih untuk bertemu lagi.
 
Jakarta:
Ramadan kerap kali menjadi ajang reuni sekaligus menyambung silaturahmi yang terputus buat sebagian orang. Dengan tema buka puasa bersama, tak sedikit restoran dan cafe menjadi padat saat berbuka puasa.
 
Fenomena tersebut tak hanya terjadi pada tahun ini, tetapi setiap tahunnya tepatnya pada saat bulan puasa. Ya, Ramadan dimanfaatkan ajang reuni teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman kantor, atau perkumpulan seperti komunitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Efnie Indrianie, M. Psi. menyatakan hal tersebut kerap terjadi. Momen berbuka pada bulan ramadan yang lebih terlihat menonjol adalah ajang reuni saat berbuka puasa, berbeda jika dibandingkan dengan aktivitas lainnya.
 
"Menurut perspektif culture psychology, Indonesia termasuk ke dalam kategori budaya collectivistic yang ditandai dengan ciri bahwa kebersamaan merupakan hal yang penting," ujar Efnie kepada Medcom.id.
 
Sebab, kebersamaan ini telah menjadi budaya. Sebuah budaya pasti mengakar di masyarakat atau layaknya suatu kebiasaan.
 
Sementara itu, ada penjelasan terhadap fenomena mengapa waktu yang dimanfaatkan masyarakat saat buka puasa. Efnie menekankan, hal itu berpengaruh pada sikap dasar manusia.
 
"Karena pada dasarnya manusia butuh 'trigger' atau pemicu, barulah bertindak. Sehingga saat ada momen barulah dilakukan," tutur Efnie.
 
Ramadan dianggap sebagai momen yang tepat. Terutama untuk suatu pertemuan. Reuni sebagai salah satu bukti nyata dari kebersamaan pihak yang telah lama tidak memiliki waktu untuk bertegur sapa karena kesibukan masing-masing.
 
Namun, tidak ada sangkut-pautnya pada istilah ramadan berbagi berkah dengan reuni bersama teman lama. "Kalau pengaruh istilah biasanya enggak terlalu kok," pungkasnya.
 
PuasaPedia - Ngabuburit

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif