Ada  hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mengadopsi kucing liar menurut para ahli. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Ada hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mengadopsi kucing liar menurut para ahli. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

5 Hal Penting Sebelum Memelihara Kucing Liar

Rona hewan peliharaan
Raka Lestari • 04 Juli 2019 09:45
Melihat kucing lucu di pinggir jalan rasa iba Anda spontan keluar. Tapi ada hal penting setelah Anda memutuskan untuk merawat kucing yang tak bertuan tersebut. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter hewan sebelum berlama-lama di rumah. Setelah itu jika di rumah Anda ada beberapa hewan lainnya luangkan waktu untuk membuatnya akrab dengan hewan Anda lainnya.
 
 
Jakarta:
Saat melihat kucing liar yang tidak terurus dan terabaikan, Anda mungkin merasa kasihan dan tergoda untuk memeliharanya di rumah. Namun sebelum berpikir untuk memelihara kucing liar, ada hal yang perlu Anda perhatikan selain langsung membawanya ke rumah. 
Berikut ini adalah hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mengadopsi kucing liar menurut para ahli:

1. Persiapkan tempat bersembunyi

Jika Anda sering memerhatikan kucing, tentunya Anda menyadari bahwa kucing sangat menyukai bersembunyi di suatu tempat. Memiliki tempat persembunyian yang aman untuk kucing juga penting agar membuatnya merasa aman. 
 
"Menyediakan tempat persembunyian sangat penting untuk penyesuaian kucing dengan lingkungan barunya," kata Dr Amanda Landis-Hana, DVM, seorang dokter hewan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


5 Hal Penting Sebelum Memelihara Kucing Liar
(Periksa binatang peliharaan yang liar setelah Anda memutuskan untuk membawanya. Foto: Pexels.com)

2. Melakukan pengecekan ke dokter hewan

Ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan kucing setelah membawanya ke rumah. Anda mungkin tidak mengetahui kondisi medis atau masalah kesehatan yang dialami kucing tersebut. "Setelah memutuskan untuk mengadopsi kucing liar, secepatnya periksakan ke dokter hewan," kata Landis-Hana. 
 
Dokter hewan akan dapat memeriksa parasit seperti tungau telinga dan kutu, yang sering menyerang kucing liar. Selain itu, jika kucing liar tersebut memiliki masalah kesehatan serius akan lebih baik jika ditangani lebih cepat. 

4. Siapkan suplai makanan

Ketika memutuskan untuk mengadopsi kucing, Anda harus memastikan bahwa Anda telah memenuhi seluruh kebutuhan mereka. Menurut Dr Sara Ochoa, DVM, dokter hewan dan konsultan untuk DogLab yang harus dijadikan prioritas adalah tempat kotoran dan makanan mereka. 
 
"Hal pertama yang kucing Anda ingin lakukan ketika mereka tiba di rumah adalah menggunakan kamar mandi," katanya. Jadi pastikan Anda mengatur semuanya di tempat di mana mereka dapat mengaksesnya dengan mudah.

5. Persiapkan hewan peliharaan lainnya di rumah

Jika Anda sudah memiliki kucing atau hewan peliharaan lainnya, pastikan mereka untuk bersiap sebelum Anda membawa hewan baru ke rumah.
 
Jika hewan peliharaan Anda tidak mudah akrab dengan hewan lainnya, luangkan waktu untuk mengajak hewan yang sudah ada bermain dengan hewan baru. "Tetapi juga penting untuk memastikan bahwa hewan peliharaan baru Anda baik dengan hewan lain," kata Ochoa.
 
Anda bisa memeriksakan kesehatan binatang liar tersebut ke beberapa dokter hewan seperti di drh. Cucu Kartini S. Joint Veterinary Practice, Jakarta Vet Cempaka Putih, atau Klinik Hewan 24 Jam (Palemvetclinic). Atau bawa ke dokter hewan terdekat dari rumah Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif