Pada 21 Juni 1982, Pangeran William membuat sejarah baru dengan menjadi bayi kerajaan pertama yang lahir di rumah sakit St Mary. (Foto: Courtesy Shutterstock)
Pada 21 Juni 1982, Pangeran William membuat sejarah baru dengan menjadi bayi kerajaan pertama yang lahir di rumah sakit St Mary. (Foto: Courtesy Shutterstock)

Di Balik Tradisi Baru Kelahiran Keluarga Kerajaan Inggris

Rona kerajaan inggris
Anda Nurlaila • 26 Maret 2019 08:00
Pada 21 Juni 1982, Pangeran William membuat sejarah baru dengan menjadi bayi kerajaan pertama yang lahir di rumah sakit St Mary. Perubahan tempat kelahiran anggota kerajaan Inggris bermula pada 1970-an. Mantan ahli ginekologi kerajaan, John Peel, menerbitkan laporan yang beredar luas dan berpengaruh. Ia meyakinkan banyak wanita Inggris untuk beralih dari persalinan di rumah ke rumah sakit. Tak terkecuali keluarga kerajaan.
 

 
Jakarta:
Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menyambut kehadiran buah hati pertama mereka April 2019 mendatang. Sebelumnya, anak ketiga Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis adalah anggota keluarga kerajaan Inggris yang lahir di Rumah Sakit St Mary di Paddington April 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip Readers Digest, kedua anak Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George dan Putri Charlotte juga lahir di rumah sakit yang sama.
 
Dibandingkan sebagian besar kelahiran calon pewaris tahta Inggris, kelahiran Pangeran William dan ketiga anak-anaknya di luar kebiasaan.
 
Kelahiran seorang anak di kalangan istana selalu dianggap sebagai suatu peristiwa besar. Ada tradisi yang menyertai kelahiran bayi di istana selama beberapa abad. 
 
(Baca juga: Kate Middleton Melahirkan Anak Ketiga)
 
Di Balik Tradisi Baru Kelahiran Keluarga Kerajaan Inggris
(Pangeran William dan Kate Middleton di depan Rumah Sakit St Mary di Paddington. Foto: Dok. AFP)
 
Setiap bayi anggota kerajaan harus lahir di istana dan kawasan kerajaan lainnya. Seorang uskup agung Anglikan dan pejabat lainnya akan turut menghadiri persalinan untuk mengonfirmasi keabsahan kelahiran. Namun aturan tersebut dihapus pada 1936, demi masalah privasi. 
 
Pada 21 Juni 1982, Pangeran William membuat sejarah baru dengan menjadi bayi kerajaan pertama yang lahir di rumah sakit St Mary. Saat itu Putri Diana memperoleh hak ekslusif dan menempati Lindo Wing St Mary.  
 
Perubahan tempat kelahiran anggota kerajaan Inggris bermula pada 1970-an. Salah satu mantan ahli ginekologi kerajaan, John Peel, menerbitkan laporan yang beredar luas dan berpengaruh. 
 
Ia meyakinkan banyak wanita Inggris untuk beralih dari persalinan di rumah ke rumah sakit. Tak terkecuali keluarga kerajaan yang juga mengubah kebiasaan persalinan di istana. Hal ini berkat ahli kandungan Ratu Elizabeth, John Pinker.
 
Mengikuti saran pendahulunya, Pinker akhirnya bisa mentransformasi tradisi lama kelahiran di istana Ratu Elizabeth. Selain membantu kelahiran Pangeran William, Pinker turut membantu kelahiran delapan bayi kerajaan lagi selama masa jabatannya. 
 
Di tengah berbagai terobosan dan perubahan aturan kerajaan Inggris, beberapa tradisi lama tetap dipegang teguh hingga kini.
 
Seperti Pangeran George yang selalu mengenakan celana pendek atau kebijakan tanda tangan keluarga kerajaan. Namun, kelahiran anak-anak kerajaan dianggap salah satu perubahan tradisi terbaik yang terjadi di kerajaan Ratu Elizabeth.  
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif