Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengonsumsi cuka sari apel. (Foto: Pexels.com)
Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengonsumsi cuka sari apel. (Foto: Pexels.com)

Cara Pakai Cuka Sari Apel

Rona tips & trik
Dhaifurrakhman Abas • 13 Juni 2019 14:16
Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan saat mengonsumsi cuka sari apel. Salah satunya adalah tidak boleh langsung meminumnya banyak, walau Anda penyuka rasa asam segar. Selain itu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi cuka sari apel tepat sebelum Anda tidur. Ini karena cairan cuka berpotensi merayap kembali ke kerongkongan Anda. Jika asam bersentuhan dengan kerongkongan saat Anda tidur, bisa berbahaya. Terlepas dari kondisi Anda yang sudah mengantuk.
 

 
Jakarta: Cuka sari apel telah digunakan selama ribuan tahun karena merupakan obat alami. Khasiatnya termasuk penurunan berat badan, peningkatan gula darah, bantuan dari gangguan pencernaan, serta penurunan risiko serangan jantung dan kanker.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun minuman ini dikemas dengan pelbagai manfaat kesehatan, namun ada tata cara dalam mengonsumsi zat fermentasi ini. Jika mengonsumsi dengan cara yang salah, justru disdbut-sebut bisa berpotensi membahayakan konsumennya.
 
Untuk itu, Anda mesti perhatikan betul-betul cara mengonsumsi cuka sari apel. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan melansir Times of India.

1. Jangan meminumnya tepat setelah makan

Jika Anda memiliki kebiasaan minum cuka sari apel tepat setelah makan, Anda perlu mengubah kebiasaan ini. Cara terbaik untuk mengonsumsi cuka sari apel adalah dengan mengonsumsinya saat perut kosong.
 
Sebabnya, beberapa makanan yang Anda makan dapat membuat cuka kurang manjur. Sebaliknya, meminumnya sebelum makan meningkatkan kemampuan Anda untuk memproses makanan.
 
Anda juga mesti menahan perut setelah mengonsumsi cuka saei apel. Para ahli merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 20 menit, setelahnya Anda baru bisa mulai makan.
 
Cara Pakai Cuka Sari Apel
(Meskipun minuman ini dikemas dengan pelbagai manfaat kesehatan, namun ada tata cara dalam mengonsumsi zat fermentasi ini. Foto: Pexels.com)

2. Jangan dihirup

Cuka sari apel bukan merupakan minuman yang beraroma wangi. Sehingga menghirup minuman ini sebelum dikonsumsi bukanlah ide yang baik.
 
Selain itu, menghirup cuka sari apel dapat membahayakan paru-paru Anda. Berhati-hatilah, jangan sampai menghirupnya minuman ini. Menghirupnya juga dapat menyebabkan sensasi terbakar di paru-paru Anda.

3. Menyikat gigi

Cuka sari apel amat encer dan sangat asam. Di samping manfaat baik yang dikandung, minuman fermentasi ini juga bisa merusak enamel gigi Anda.
 
Agar hal ini tidak terjadi, jangan menyesap atau menghirupnya dari cangkir. Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba meminumnya dari sedotan.
 
Anda juga disarankan untuk langsung berkumur dan jika memungkinkan untuk menyikat gigi 30 menit setelah mengonsumsi cuka sari apel. Hal ini untuk menjaga agar cuka tidak menempel pada email gigi Anda.

4. Jangan terlalu banyak

Jika Anda melihat manfaat dari cuka sari apel, bukan berarti Anda harus terus menerus mengonsumsi minuman ini. Alias dikonsumsi secara berlebihan.
 
Dilansir dari laman yang sama, terlalu banyak mengonsunsi minuman ini berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Untuk itu, Anda harus mulai dengan jumlah yang sedikit dan mengamati bagaimana tubuh Anda.
 
Anda bisa mulai mengonsmsi dalam takaran dua sendok makan. Takaran ini juga berlaku meskipun Anda mencampurkannya dengan air.

5. Jangan meminumnya tepat sebelum tidur

Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi cuka sari apel tepat sebelum Anda tidur. Ini karena cairan cuka berpotensi merayap kembali ke kerongkongan Anda.
 
Jika asam bersentuhan dengan kerongkongan saat Anda tidur, bisa berbahaya. Terlepas dari kondisi Anda yang sudah mengantuk, Anda harus duduk tegak selama 30 menit setelah mengonsumsi minuman ini.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif