Rinaldy Yunardi (Foto: MI/Arya Manggala)
Rinaldy Yunardi (Foto: MI/Arya Manggala)

Inspirasi Kemenangan Rinaldy Yunardi di WOW 2019

Rona fashion gaya
Sunnaholomi Halakrispen • 31 Oktober 2019 15:06
Jakarta: Desainer Tanah Air, Rinaldy Yunardi, berhasil menyabet tiga penghargaan WOW (World of WearableArt) Awards 2019, Wellington, Selandia Baru. Ada sumber inspirasi menyentuh di balik karya megahnya tersebut.
 
Kemenangan mendunia atas karya desain Yungyung, sapaannya, juga terjadi saat ajang WOW pada 2017 lalu. Karya desainnya berbentuk kapsul raksasa yang diberi nama Encapsulate, memenangkan The Supreme WOW Award dan menjadi Winner of The Open Section.
 
"Menceritakan tentang hope, bahwa masih ada harapan di dunia ini di tengah kita selalu menghadapi masalah yang membuat kita down atau capek," ujar Yungyung di Seia Menara Astra, Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yungyung memaparkan bahwa, maknanya jangan mudah putus asa karena masih ada kesempatan, masih ada obatnya. Maka desain saat itu berbentuk kapsul.
 
Bahan pembuatannya dari daur ulang, yakni dari tali rafia yang dipadukan dengan LED. Karyanya yang dipamerkan untuk lomba WOW tahun 2019 juga dari daur ulang, yaitu kertas daur ulang yang dibuat menjadi tali dan kemudian ditenun erat, kemudian diberi nama The Lady Warrior.
 
Yungyung mengaku, inspirasi karya spektakulernya kali ini datang dari sang Mama. Ia menekankan bahwa dirinya selalu berkarya untuk perempuan.
 
Sebab, perempuan dinilai istimewa. Perempuan juga memiliki jiwa memuaskan keindahan, melengkapi penampilannya hingga rela make up.
 
"Tentu kita banyak dengar tentang wanita yang masih banyak direndahkan. Wanita dalam keluarga harus seperti apa dan saya melihat dari Mama saya sendiri," paparnya.
 
Perempuan, kata Yungyung, harus lebih pintar untuk mengambil keputusan. Bagaimana hati dan mata bisa mengayomi dan menyelesaikan masalah untuk keluarga mereka.
 
Desainer yang karyanya pernah digunakan oleh Madonna dan Katy Perry ini mengatakan bahwa meskipun suami merupakan kepala keluarga, penting baginya membawa pesan tentang perempuan.
 
Kuncinya adalah perempuan. Sosok yang baginya rentan tapi pengalaman hidup membuat mereka menjadi pribadi yang kuat.
 
"Di situ saya mau ungkapkan tidak dengan mulut atau kekerasan. Tapi dengan mata, hati, dan pikiran, untuk bagaimana cara tepat mendamaikan keluarga," tuturnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif