Ketika seseorang berhenti makan daging dalam waktu sebulan, respon terhadap tubuh berbeda-beda. (Ilustrasi/Pexels).
Ketika seseorang berhenti makan daging dalam waktu sebulan, respon terhadap tubuh berbeda-beda. (Ilustrasi/Pexels).

Yang Terjadi Pada Anda saat Berhenti Makan Daging Sebulan

Rona vegetarian
Kumara Anggita • 07 Desember 2019 14:07
Jakarta: Ketika seseorang berhenti makan daging dalam waktu sebulan, respon terhadap tubuh berbeda-beda. Ada  yang merasa lebih berenergi dan ada pula yang justru merasa melamban.
 
Ahli Gizi, Erica Ingraham mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan hasil positif dari berhenti daging selama sebulan, Anda harus tepat dalam mengatur diet.
 
"Misalnya, jika Anda adalah seseorang yang makan daging setiap hari, penting untuk memikirkan apa pengganti daging saat makan," kata Ingraham seperti dilansir Bustle.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika pengganti Anda tidak memiliki nutrisi yang tepat, kemungkinan Anda akan merasa lamban.
Untuk itu, Anda bisa menambahkan makanan  kaya protein seperti  kacang-kacangan, kedelai, telur, dan biji-bijian.
 
“Protein penting untuk pembentukan otot, fungsi kekebalan tubuh, dan mengangkut molekul melalui tubuh. Jika Anda tidak mendapatkan cukup asam amino esensial melalui makanan, Anda tidak akan berfungsi atau merasakan yang terbaik,” lanjutnya.
 
Tetapi perubahan dalam asupan protein Anda bukan satu-satunya alasan di balik rasa lelah yang muncul. "Daging adalah sumber utama kami dari heme-iron, yang merupakan jenis zat besi yang membantu menjaga kadar zat besi dalam tubuh kita," Emily E Tills, MS, RDN, CDN, seorang pelatih diet.
 
"Jika kamu tiba-tiba beralih dari banyak daging menjadi tidak ada daging, kamu dapat mengambil risiko menjadi kekurangan zat besi berdasarkan pada penyimpanan besimu,” lanjutya.
 
Namun tenang saja karena kendala ini masih bisa diatasi dengan menambahkan makanan kaya zat besi, seperti bayam, tahu, cokelat hitam, dan lentil ke dalam makanan Anda, sehingga Anda mendapatkan nutrisi yang cukup.
 
Cara tubuh Anda merespons perubahan ini berada  di tangan Anda.  Sebelum memulai Anda harus membuat rencana yang matang agar mendapatkan protein dan nutrisi dari sumber lain. Jika Anda khawatir atau tidak yakin bagaimana cara melakukannya, Anda selalu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran, dan untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang seharusnya Anda dapatkan.
 
Dan mungkin perlu untuk memberi lebih banyak waktu sebelum Anda mencari perubahan drastis dari usaha Anda.
 
"Melihat manfaat dari perubahan pola makan bisa memakan waktu lebih lama dari satu bulan," kata Ahli Gizi, Amanda A. Kostro Miller, RD, LDN.
 
Jadi pastikan Anda melakukannya dengan tepat agar banyak manfaat positif yang bisa diambil dari kebiasaan ini.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif