Anda tidak hanya menikah dengan seseorang, tetapi keluarga dan sejarahnya juga. (Foto: Neha Chopra/Pexels)
Anda tidak hanya menikah dengan seseorang, tetapi keluarga dan sejarahnya juga. (Foto: Neha Chopra/Pexels)

Jangan Posting Hal Ini Menjelang Pernikahan (Bag 1)

Rona tips pernikahan
Medcom • 15 September 2019 11:04
Jakarta: Keberadaan media sosial yang semakin populer membuat sebagian orang tak membedakan sesuatu yang rahasia dan umum. Bahkan untuk acara sakral seperti pernikahan sekalipun.
 
Meskipun pernikahan adalah waktu untuk merayakan cinta Anda, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda posting di media sosial seperti dikutip dari readersdigest berikut ini:

1. Berapa uang yang Anda habiskan

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan Ipsos, perusahaan riset global, warga Kanada hanya bersedia membayar sekitar 9.000 dolar kanada atau sekitar Rp96 juta untuk sebuah pernikahan.
 
Pakar kencan Kali Rogers mengatakan, ketika Anda mulai mencari angka-angka dan melihat tagihan kartu kredit, tahan untuk tidak membicarakannya di media sosial. Jaga kerahasiaan informasi ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tidak perlu mendidik orang tentang biaya pernikahan Anda. Dengan hal itu, Anda hanya berkontribusi pada perlombaan tikus gila 'yang dapat memiliki pernikahan terbaik' di media sosial," kata Rogers.
 
Hal ini sebaiknya hanya diketahui oleh keluarga dan pasangan Anda. Membagikan hal ini di media sosial hanya akan membuat Anda terlihat sombong atau menyombongkan diri. Anda juga akan terkesan terkejut dengan barang-barang pernikahan yang mahal.

2. Daftar tamu undangan

Kemungkinan besar ketika menyusun tamu undangan, Anda akan bernegoisasi dengan calon mertua. Membagi jatah undangan bersama-sama adalah hal yang membingungkan bagi sebagian orang.
 
Penting untuk tetap memperhatikan daftar tamu. Mengapa? Orang-orang yang berpikir bahwa mereka seharusnya diberi undangan namun kenyataannya tidak, mungkin akan marah.
 
“Anda perlu mempertimbangkan perasaan orang-orang yang tidak diundang ke pernikahan, mereka yang mungkin terluka karena pernikahan Anda yang akan datang. Misalnya seperti mantan yang masih berteman dengan Anda di media sosial,” kata psikolog Nikki Martinez, PhD.

3. Gaun pernikahan

Semenjak keberadaan media sosial populer, sebagian orang tak membedakan hal-hal yang rahasia dan umum. Salah satunya gaun pengantin. Demi eksistensi di media sosial, calon pengantin membagikan gambar gaun pengantin, atau bahkan fotonya mengenakan gaun pengantin.
 
“Anda tidak perlu lagi diundang ke pesta pernikahan untuk mengetahui dekorasi apa yang mereka gunakan, seperti apa gaun itu, atau berapa harganya. Anda sekarang dapat mengunjungi profil teman untuk melihatnya," kata Rogers.
 
Semangat kompetisi di media sosial mungkin mendorong pengantin wanita untuk mencoba dan 'saling melengkapi' dan memberikan preview gaun pengantin mereka.
 
Tetapi, seperti yang dikatakan Rogers, pernikahan itu bukan tentang apa yang Anda kenakan atau berapa banyak yang Anda habiskan, ini tentang cinta.
 
Memposting gaun pengantin Anda sebelum hari pernikahan bisa jadi menghilangkan suasana kejutan, yang seharusnya Anda bagikan dengan orang tercinta, malah dengan facebook atau instagram feeds.

4. Hal-hal detail pada hari pernikahan

Semakin banyak Anda memposting tentang detail siapa, apa, kapan dan di mana hari besar Anda, semakin banyak risiko yang akan Anda ambil.
 
"Posting hal-hal seperti waktu, tanggal, lokasi, instruksi parkir, akomodasi, atau hal-hal aneh tentang pernikahan Anda dapat dengan mudah muncul sebagai undangan kepada siapa saja yang kebetulan menemukan posting Anda," kata Rogers.
 
Menurut Rogers, jangkaulah para tamu undangan secara pribadi. Kalau tidak, Anda bisa mendapatkan beberapa tamu yang tidak diinginkan.

5. Permasalahan di balik layar

Saat menikah, Anda tidak hanya mendapatkan mitra baru tetapi juga mengambil segala sesuatu yang menyertainya. Dari hutang pinjaman pasangan hingga Paman yang aneh di pihak ibu mereka.
 
Anda tidak hanya menikah dengan seseorang, tetapi keluarga dan sejarahnya juga. Setelah itu, banyak hal yang akan dilalui. Ketika hal itu membuat Anda gigit jari bahkan frustasi sekalipun, jangan pernah mempostingnya di media sosial.
 
“Jangan pernah memposting sesuatu yang negatif tentang siapa pun yang terlibat dalam pernikahan dan itu tidak termasuk posting pasif-agresif tentang calon mertua Anda. Media sosial menyebarkan informasi kepada dunia, dan membuat masalah pribadi yang membuat publik frustrasi, tidak pernah pantas,” kata Dr. Martinez.
 
Menurut Matinez, dengan mengirim komentar atau bercerita tentang perilaku keluarga atau pasangan di media sosial dapat mengakhiri atau merusak hubungan Anda dengan cepat.
 

Sandra Odilifia
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif