Tidur bersama kucing kesayangan merupakan sesuatu yang umum dilakukan--Ilustrasi/Pexels
Tidur bersama kucing kesayangan merupakan sesuatu yang umum dilakukan--Ilustrasi/Pexels

Apakah Aman Tidur Bersama Kucing Anda?

Rona hewan peliharaan
Raka Lestari • 09 November 2019 18:05
Jakarta: Tidur bersama kucing kesayangan merupakan sesuatu yang umum dilakukan. Bulu-bulu kucing yang halus dan lembut sangat menyenangkan jika Anda tidur bersamanya.
 
Namun beberapa orang mungkin bertanyat-tanya apakah tidur bersama kucing Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda atau tidak?
 
Sangat normal jika Anda bertanya-tanya seperti itu. Mulai dari kutu kucing, kebersihan kucing, sampai gangguan pada saat tidur yang dilakukan oleh kucing membuat beberapa orang mungkin merasa khawatir untuk membawa kucing mereka tidur bersamanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Dr Sara Ochoa, DVM, seorang dokter hewan dan konsultan dokter hewan yang terlatih untuk DogLab, itu semua benar-benar tergantung pada kepribadian hewan peliharaan Anda dan keseharian mereka. "Kebanyakan kucing adalah binatang yang sangat bersih dan selalu merawat diri mereka sendiri dan kadang-kadang bahkan pemiliknya," jelasnya.
 
Untuk alasan itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang masalah kutu atau kebersihan mereka. Namun sekalipun kucing Anda sudah bersih, hal itu tidak akan membantu jika Anda memiliki masalah alergi.
 
Jika Anda alergi terhadap kucing, maka Anda harus mengusir mereka dari kamar Anda, menurut Dr Meng Chen, MD, asisten klinis professor Allergy and Immunology di Standford’s Sean N. Parker Center for Allergy and Asthma Research.
 
“Alergen kucing bisa sangat menempel dan dapat bertahan selama berbulan-bulan bahkan setelah dibersihkan atau bahkan jika kucing sudah dikeluarkan dari rumah,” jela Dr Chen. “Jika ini yang terjadi, bukan hanya kucing yang tidak dapat tidur di kamar Anda tetapi kucing juga tidak boleh ada di kamar Anda sama sekali.”
 
Salah satu aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum membawa kucing tidur bersama Anda adalah kebanyakan kucing merupakan hewan nocturnal. Sehingga kemungkinan besar mereka dapat mengganggu tidur Anda dengan sering melewati Anda atau menyentuh Anda ketika Anda sedang tidur.
 
Namun Anda bisa mengajarkan kucing Anda untuk meninggalkan Anda sendirian ketika sedang tidur sehingga tidur Anda pun tidak terganggu oleh kehadiran kucing Anda. Meskipun memang tidak mudah, namun dengan cara itu Anda bisa tidur bersama mereka tanpa khawatir merasa terganggu.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif