cahaya dari kembang api bisa membuat hewan-hewan tersebut merasa ketakutan--Ilustrasi/Pexels
cahaya dari kembang api bisa membuat hewan-hewan tersebut merasa ketakutan--Ilustrasi/Pexels

Mengapa Hewan Takut Kembang Api?

Rona hewan peliharaan
Raka Lestari • 08 November 2019 14:15
Jakarta: Beberapa hewan, seperti kucing dan anjing yang biasa menjadi hewan peliharaan di rumah-rumah terkadang memiliki ketakutan khusus terhadap kembang api. Suara kembang api atau bahkan cahaya dari kembang api bisa membuat hewan-hewan tersebut merasa ketakutan atau bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.
 
Menurut Blue Cross, sebuah organisasi untuk hewan di Inggris menyebutkan bahwa baik hewan ternak dan hewan peliharaan dapat takut dengan kembang api. Organisasi tersebut mencatat bahwa hewan memiliki pendengaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia dan suara keras disebabkan oleh kembang api dapat menakuti mereka atau bahkan menyebabkan mereka sakit.
 
RSPCA, sebuah organisasi yang berfokus pada penyelamatan dan kesejahteraan hewan di Inggris juga menunjukkan bahawa hewan peternakan sangat mudah takut terhadap suara yang keras dan cahaya terang yang datang secara tiba-tiba yang dapat mengagetkan mereka dan dapat menyebabkan mereka melukai dirinya sendiri dengan menggunakan pagar atau peralatan peternakan. Menurut RSPCA, sekitar 45 persen anjing akan menunjukkan tanda-tanda ketakutan saat mereka mendengar suara kembang api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Metro.co.uk, jika Anda menemukan hewan peliharaan Anda merasa stres setelah melihat atau mendengar suara kembang api sebaiknya Anda coba ajak mereka untuk berjalan-jalan pada malam sebelum ada pesta kembang api tersebut diadakan.
 
Hal ini dapat membantu mereka merasa lebih tenang dan lebih santai dan ketika kembang api mulai dinyalakan juga sebaiknya simpan hewan peliharaan Anda di dalam rumah ketika kembang api sudah akan dinyalakan.
 
Anda juga sebaiknya menutup jendela, pintu, bahkan tirai untuk mencoba meredam suara dari kembang api itu sendiri. Anda juga sebaiknya tidak mengajal hewan peliharaan Anda untuk melihat kembang api secara langsung, dengan menjaganya di dalam rumah ketika ada kembang api yang sedang dinyalakan di sekitar Anda.
 
Pemilik hewan juga harus memastikan bahwa hewan peliharaan mereka memiliki tanda pengenal, untuk berjaga-jaga jika ketakutan mereka terhadap kembang api menyebabkan mereka kabur dari rumah. Jika Anda memiliki hewan yang lebih besar, misalnya kuda sebaiknya cobalah untuk meminta tetangga Anda untuk tidak menyalakan kembang api di sekitar area kuda Anda di lain hari.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif