Tidak ada hal yang lebih buruk daripada menghabiskan bertahun-tahun hubungan yang tidak ada harapannya. (Foto ilustrasi: Unsplash)
Tidak ada hal yang lebih buruk daripada menghabiskan bertahun-tahun hubungan yang tidak ada harapannya. (Foto ilustrasi: Unsplash)

Micro Cheating, Benih Perselingkuhan di Media Sosial

Rona perselingkuhan
Medcom • 06 September 2019 19:10
Micro cheating atau perselingkuhan kecil adalah istilah terminologi dari bahasa slang yang juga menjurus pada perbuatan-perbuatan kecil di media sosial yang Anda lakukan secara ilegal. Bahkan bisa menimbulkan bisikan perselingkuhan. Tindakan Anda mungkin tidak direncanakan sebelumnya, tetapi bisa menandakan masalah dalam hubungan Anda.
 
Jakarta: Dalam suatu hubungan seringkali permasalahan selingkuh berakhir pada perpisahan yang tiba-tiba dan menyakitkan. Meski tidak berakhir, paling tidak akan ada erosi kepercayaan yang sulit diperbaiki di kemudian hari.
 
Namun demikian, perselingkuhan bukan satu-satunya yang menyebabkan keretakan hubungan, melainkan ada bentuk kecurangan yang lebih kecil. Sehingga dapat memperburuk hubungan yaitu selingkuh kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selingkuh kecil bisa menimbulkan bisikan perselingkuhan tanpa pernah secara fisik melewati batas. Kelak, perilaku ini mungkin akan membuat Anda menyesal.
 
"Micro Cheating terjadi ketika Anda menciptakan peluang kecil untuk perilaku penuh kasih sayang ilegal yang berada di luar hubungan Anda," jelas terapis seks dan hubungan Tammy Nelson, PhD, penulis The New Monogamy, Redefining Your Relationship After Infidelity.
 
Anda mungkin melakukannya ketika pasangan Anda tidak ada. Bahkan berada di depan pasangan Anda, tapi tanpa sepengetahuan mereka. Kebiasaan seperti itu dapat membangun sesuatu yang lebih atau keranjingan, sehingga akhirnya masalah pun dapat dieja.
 
Dikutip dari Cosmopolitan, inilah cara menemukan batasan yang menyimpang dan mengubahnya untuk memperkuat hubungan Anda:

1. Tanda peringatan

Beberapa tanda yang Anda tunjukkan seperti mengubah penampilan ketika Anda akan melihat orang tertentu, dengan siapa Anda bergaul dan minum teh setelah bekerja atau berbohong karena suatu kelalaian. Bisa juga fakta bahwa Anda selalu menyukai dan mengomentari foto instagram seseorang.
 
Apakah menurut Anda itu menyenangkan dan tidak berbahaya? Setiap hubungan memiliki ambang atau "garis" sendiri tentang selingkuh. Namun selingkuh kecil menunjukkan bahwa Anda memikirkan perhatian seseorang yang bukan pasangan Anda, dan itu bisa menjadi tanda bahaya bagi romansa Anda.
 
<i>Micro Cheating</i>, Benih Perselingkuhan di Media Sosial
 
Pertimbangkan saja motivasi di balik penampilan Anda ketika bekerja. Bagaimana perasaan pasangan Anda jika mereka tahu alasan sebenarnya di balik upaya ekstra Anda atau jika pasangan Anda mengetahui bahwa Anda menghapus teks dari orang lain karena takut mereka akan membacanya?
 
"Anda melewati batas jika Anda berpikir pasangan Anda akan merasa tidak nyaman jika mereka melihat tindakan Anda. Tidak diragukan lagi, itu adalah perselingkuhan kecil, lebih baik hindari dari sekarang sebelum Anda menyesalinya," kata Nelson.

2. Sisi lain

Sekarang, bagaimana jika Anda bertanya-tanya apakah pasangan Anda melakukan selingkuh kecil? Mungkin sulit untuk mengambil tanda-tanda ketika tidak ada petunjuk yang jelas.
 
"Tetapi jika Anda memiliki firasat tersebut, maka sudah waktunya untuk membuka percakapan jujur ??tentang bagaimana perasaan Anda," kata psikolog klinis Janis Abrahms Spring, PhD, penulis buku After the Affair.
 
“Sepertinya Anda berhubungan dengan orang ini dengan cara yang membuat saya tidak nyaman. Apakah Anda punya perasaan untuk mereka? Ketika saya melihat Anda berkomentar setiap saat di postingan Instagram seseorang, saya khawatir tentang hubungan kita," terang Spring.
 
Jika ada bukti spesifik yang menyakitkan, beritahukan saja kepada pasangan Anda. Tetapi jika kekasih membuat Anda marah dan tidak menanggapi kekhawatiran Anda dengan serius, itu adalah alasan untuk khawatir.
 
Sebab, mungkin saja hal itu membuat Anda memikirkan kembali hubungan Anda dengan pasangan. Ingat, Anda tidak sedang menghayal atau terobsesi karena menanyakan hal ini. Percayalah pada naluri Anda, selalu.

3. Mengubahnya Menjadi Hal yang Baik

Jadi jika salah satu atau Anda berdua berselingkuh kecil. Bagaimana?
 
Ada beberapa opsi di sini, dan perpisahan instan tidak harus menjadi pilihan utama. Sebagai permulaan, bisa jujur ??satu sama lain adalah hal yang bagus. Selain itu pembicaraan jujur ??tentang masalah selingkuh kecil sebenarnya dapat membantu membangkitkan kembali hubungan yang retak.
 
"Kadang-kadang, aksi-aksi ini bukan tentang ketertarikan pada orang lain, melainkan ketertarikan pada Anda yang baru. Mereka dapat membantu Anda mengalami diri sendiri sebagai yang lebih diinginkan,," jelas Spring.
 
Dan hal yang sama bisa berlaku untuk pasangan Anda. Dengan menyuarakan ini sebagai alasan untuk kencan ekstrakurikuler Anda, itu dapat melahirkan beberapa kompetisi yang sehat.
 
"Meskipun kecemburuan yang mengilhami dapat membangkitkan hubungan Anda sejenak, perilaku dan kasih sayang yang peduli menciptakan ikatan yang lebih berkelanjutan," Spring memperingatkan.
 
Dengan kata lain, mengekspresikan perasaan Anda yang tulus dan romantis satu sama lain secara langsung, akan meningkatkan pancaran penuh kasih hanya untuk satu sama lain.
 
<i>Micro Cheating</i>, Benih Perselingkuhan di Media Sosial
 
Pilihan lainnya adalah mengeksplorasi kemungkinan membuka hubungan Anda. Terutama jika Anda sering menemukan diri Anda dibatasi oleh monogami dan memandang selingkuh kecil sebagai solusi.
 
Namun perlu diingat, hubungan poliamik dan terbuka perlu menjadi hal-hal yang diinginkan oleh kedua pasangan. Hal ini membutuhkan kerja sama tingkat tinggi tanpa melibatkan orang ketiga. Artinya, ini tidak boleh digunakan untuk mengubah perselingkuhan kecil menjadi besar tanpa mendapat masalah.
 
Di samping itu, jika faktanya perselingkuhan kecil ini lebih serius dan hanya memiliki daftar panjang keluhan terhadap pasangan, mungkin sudah waktunya untuk mengakhiri hubungan Anda.
 
Apa pun yang Anda pilih, lakukanlah dengan jujur. Karena tidak ada yang lebih buruk daripada menghabiskan bertahun-tahun hubungan yang tidak ada harapannya.
 
Sandra Odilifia
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif