Karya fesyen kolaborasi sejumlah desainer untuk menggemakan gerakan #BijakBerplastik. (Foto: Dok. JFW)
Karya fesyen kolaborasi sejumlah desainer untuk menggemakan gerakan #BijakBerplastik. (Foto: Dok. JFW)

Produk Fesyen dari Sampah Plastik Tampil di JFW 2020

Rona jakarta fashion week
Sunnaholomi Halakrispen • 27 Oktober 2019 11:48
Jakarta: Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 menampilkan beragam produk fesyen mengagumkan dari banyak desainer. Uniknya, ada produk fesyen dari sampah plastik yang turut serta melenggang di atas panggung.
 
Karya fesyen kali ini hasil kolaborasi sejumlah desainer untuk menggemakan gerakan #BijakBerplastik. Mereka di antaranya, fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, dan seniman Ika Vantiani bersama It’s in Your Hand Collective.
 
Kelima desainer itu berkolaborasi dengan Danone-AQUA untuk memperlihatkan produk fesyen berkelanjutan di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagai merek asli Indonesia yang telah berdiri selama 45 tahun, kami bangga bisa terus mendukung aktivitas yang terus menyebarkan kebaikan pada masyarakat Indonesia,” ujar Danone-AQUA Brand Director Intan Kartika di area JFW 2020.
 
Intan memaparkan, partisipasi dalam JFW 2020 bertujuan untuk memperlihatkan kepada konsumen bahwa mereka bisa melakukan kebaikan dengan memilih produk dan jasa yang tidak hanya berkelanjutan. Namun, juga memberdayakan mereka yang terlibat dalam proses produksi barang dan jasa tersebut.
 
Produk Fesyen dari Sampah Plastik Tampil di JFW 2020
(Kelly Tandiono yang merupakan Brand Partner Danone-AQUA, memeragakan balutan busana karya fbudi yang terbuat dari kain tafetta dan polyester. Foto: Dok. JFW)

Produk fesyen berkelanjutan

Intan mengaku bahwa pihaknya memulai program daur ulang sejak tahun 1993. Upaya untuk memperbesar dan memperluas program tersebut pun dilakukan dengan gerakan #BijakBerplastik dan melihat banyak pihak di industri fesyen yang mulai memerhatikan isu berkelanjutan.
 
"Kami ingin memperkenalkan produk-produk fesyen yang berkelanjutan sebagai salah satu cara untuk mengedukasi konsumen bahwa mereka bisa menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah,” paparnya.
 
Salah satu kolaborator Danone-AQUA di JFW 2020, fbudi Creative Director Felicia Budi, mengapresiasi pandangan visioner Danone-AQUA terhadap industri fesyen. 
 
“Saya percaya bahwa keberlanjutan akan menjadi aspek penting di industri fesyen dan menuntut perhatian semua desainer dalam berkreasi,” ujar Felicia.
 
Felicia menjelaskan, misi dari fbudi ialah untuk berkontribusi bagi masyarakat melalui pemberdayaan komunitas dan pekerja lokal dengan menggunakan fesyen sebagai mediumnya. 
 
Baginya, mengarahkan suatu merek menuju masa depan yang berkelanjutan lebih dari sekadar menggunakan bahan ramah lingkungan, tetapi juga memberdayakan pekerja lokal agar dapat lebih memerhatikan lingkungan.
 
Sementara itu, model dan aktris Kelly Tandiono, yang juga merupakan Brand Partner Danone-AQUA, memeragakan balutan busana karya fbudi yang terbuat dari kain tafetta dan polyester. 
 
Produk ini hasil olahan daur ulang botol plastik yang dikumpulkan dan diolah secara parsial oleh unit daur ulang (RBU) Danone-AQUA.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif