Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD)
Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD)

Ratusan Warga Pontianak Laksanakan Salat Idulfitri

Ramadan lebaran
Antara • 04 Juni 2019 13:28
Pontianak: Ratusan warga Pontianak, Kalimantan Barat, melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriah pada Selasa, 4 Juni 2019, pagi, di di halaman SD Negeri 34 Pontianak Kota. Penentuan 1 Syawal mengacu metode Rukyatul Hilal Global.
 
"Karena hilal sudah terlihat di Timur Tengah dan Amerika," kata seorang jemaah yang mengikuti salat Idulfitri, Cathidar Condro Cahyono, melansir Antara.
 
Dia mengungkap, ada ratusan orang yang mengikuti salat Idulfitri 1440 Hijiriah hari ini. Dia menambahkan, pelaksanaan salat Idulfitri berlangsung lancar meski cuaca mendung sejak pagi hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Khatib dalam khotbahnya mengangkat soal ketakawaan, masih banyak umat Islam yang tertindas di berbagai belahan dunia Islam seperti Gaza, Suriah, Palestina, Rohingya serta terkait masalah kepemimpinan dalam Islam serta bagaimana mewujudkan persatuan umat Islam se-dunia," bebernya.
 
Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan Idulfitri 1440 Hijirah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Penetapan itu berdasarkan dua landasan.
 
"Pertama karena posisi hilal di bawah ufuk yaitu di posisi minus 1,26 menit sampai minus 0,5 menit," kata Lukman di sela Sidang Isbat Awal Syawal di Jakarta, Senin, 3 Juni 2019.
 
Kedua yaitu tidak ada satupun perukyat di 105 titik di seluruh Indonesia yang melihat hilal setelah matahari terbenam (bakda ghurub). Sidang isbat diikuti tokoh agama, pimpinan ormas Islam, pimpinan pesantren, ahli falak atau astronomi, tim falakiyah, dubes dan kepala perwakilan negara-negara sahabat, legislator dan unsur terkait lainnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif